Connect With Us

Optimistis Jadi Ketua Peradi Tangerang, Dyah Wuri Janjikan Perubahan Besar

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 7 Januari 2022 | 10:20

Dyah Wuri Sulistyati optimistis bisa menjadi Ketua DPC Peradi Tangerang dalam musyawarah cabang (muscab). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dyah Wuri Sulistyati optimistis bisa menjadi Ketua DPC Peradi Tangerang dalam musyawarah cabang (muscab) pada 29 Januari 2022. Dia pun menawarkan perubahan secara fundamental untuk organisasi yang lebih baik.

"Saya ingin adanya perubahan yang amat sangat fundamental sekali. Seperti dalam hal manajemen, transparansi, dan lainnya," ungkap Dyah, Jumat 7 Januari 2022.

Kepengurusan DPC Peradi Tangerang periode 2016-2021 yang dinakhodai Enny Sri Handajani segera berakhir. Dyah yang sebelum menjabat sebagai wakil ketua pun percaya diri bisa menjadi ketua dalam pemilihan nanti.

Menurut Dyah, yang membuat dirinya percaya diri lantaran ia telah menggelar webinar pada Oktober 2021 tentang perlindungan hukum bagi advokat yang tengah menjalankan profesinya yang diikuti 300 peserta advokat dari seluruh Indonesia.

"Ini bagian terpenting bagi advokat. Webinar itu pesertanya mencapai 300 orang advokat dari seluruh Indonesia," katanya.

Dyah menyebut, DPC Peradi Tangerang yang saat ini beranggotakan 1.400 orang pengacara, selama ini dalam kondisi tidak memiliki program-program yang dapat mendayagunakan baik pengurus maupun anggotanya dengan baik.

"Kita ini semua baik kepengurusan maupun anggota ingin difungsikanlah. Yah kepengurusan sekarang ini istilahnya fakum, karena kita-kita semua tidak didayagunakan dengan baik," tuturnya.

Dyah mengungkapkan, kondisi Peradi Tangerang saat ini juga banyak permasalahan yang harus ditangani bersama baik pengurus maupun anggotanya. 

"Jadi sebenarnya banyak masalah-masalah yang harus kita tangani bersama. Tetapi juga kelihatannya di DPC sendiri juga belum secara maksimal dijalankan, itu yang saya ketahui," ungkapnya.

Dyah juga pernah berpengalaman menjadi petugas pelaksana (Plt) Ketua DPC Peradi Tangerang yang ditugaskan oleh dewan pimpinan nasional (DPN) sebelum kepemimpinan Enny Sri Handajani.

"Saya pernah menjadi Plt yang ditugaskan oleh DPN. Waktu itu saya lah yang mengusung Bu Eni dalam Muscablub (musyawarah cabang luar biasa) sampai akhirnya terselenggara dengan baik," ucapnya. 

Dyah menyebut, pada muscab nanti selain dirinya sudah terdengar santer dua orang kandidat yang bakal ikut kontestasi pada pencalonan Ketua DPC Peradi Tangerang periode 2022-2027, yakni Enny Sri Handajani sebagai petahana dan Roni Martin.

Dyah juga menjabarkan, visi dan misinya apabila dirinya terpilih sebagai ketua Peradi Tangerang pada periode 2022-2027 nanti.

Visinya, Dyah ingin menjadikan Peradi Tangerang yang transparan yang dapat meningkatkan profesionalitas dan dapat mengayomi para anggotanya. Selain itu akan menjalankan program-program dari DPN Peradi, mendorong terwujudnya Peradi yang mandiri.

Sementara misinya, lanjut Dyah, ia ingin mempersatukan dan mengembangkan anggota Peradi Tangerang melalui serangkaian kegiatan dalam pemembinaan solidaritas dan komunikasi antar anggota DPC Peradi Tangerang. "Karena selama ini tidak terjadi seperti itu," ucapnya.

Kemudian yang kedua membentuk organisasi yang berkeadilan dan dapat meningkatkan solidaritas."Kita ingin dalam Peradi tata kelolanya yang transparan dan akuntabel dengan membangun kepercayaan komunikasi yang efektif feedback yang rapi dan kreativitas," imbuhnya.

Selain itu misi lainnya, sambung Dyah,  memberi perlindungan hukum bagi anggota yang menghadapi masalah hukum dalam menjalankan profesinya, dan yang keempat menjadikan pusat bantuan hukum sebagai sarana bagi para pencari keadilan serta yang kelima meningkatkan sinergi empat pilar penegak hukum yakni hakim jaksa polisi dan advokat. "Karena advokat itu jelas sebagai penegak hukum," ujarnya.

Dyah juga telah melakukan koordinasi dengan tim pemenangan dirinya yang tidak lain anggota Peradi Tangerang untuk menguatkan suara pada saat Muscab nanti. "Mohon doanya ya," ucapnya.

Ketika disinggung Peradi sebagai lembaga hukum, ke depan jika Dyah menakhodai Peradi Tangerang apakah bakal mengedepankan restoratif justice atau pendekatan untuk mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, Dyah menyebutkan hal itu termasuk salah satu program yang bakal dicanangkan apabila dirinya terpilih sebagai Ketua DPC Peradi Tangerang.

Pihaknya akan menjalin hubungan kerja sama dengan instansi-instansi pemerintah maupun swasta. Dia juga akan membentuk bagian yang dapat menangani terkait program restorasi justice tersebut.

"Itu yang termasuk program saya, bahwa nanti ada ketua bidang yang membidanginya. Nanti ada anggota di dalamnya. Dan nanti harus dikomunikasikan bersama," pungkasnya.

TANGSEL
Siswi SMP Diduga Dilecehkan Pria Berjaket Ojol usai Pulang Sekolah di Ciputat Tangsel

Siswi SMP Diduga Dilecehkan Pria Berjaket Ojol usai Pulang Sekolah di Ciputat Tangsel

Sabtu, 4 Mei 2024 | 14:45

Seorang siswi kelas 8 sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, diduga menjadi korban pelecehan usai pulang sekolah. Pelakunya diduga seorang pria yang mengenakan jaket ojek online (ojol).

KAB. TANGERANG
Sepeda Motor Terbakar Usai Isi Bensin di SPBU Cisauk Tangerang

Sepeda Motor Terbakar Usai Isi Bensin di SPBU Cisauk Tangerang

Sabtu, 4 Mei 2024 | 22:05

Satu unit sepeda motor terbakar usai mengisi bensin di SPBU, Jalan Raya Serpong-Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 04 Mei 2024.

SPORT
Persikota Tangerang Taklukkan Kartanegara FC dengan Skor 1-0

Persikota Tangerang Taklukkan Kartanegara FC dengan Skor 1-0

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:33

Persikota Tangerang memastikan poin penuh dalam laga lanjutan 80 Besar Liga 3 Nasional.

KOTA TANGERANG
Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill