Connect With Us

Ada 33 Ribu Pohon Pelindung di Kota Tangerang, Ini Titik yang Rawan Tumbang

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 8 November 2022 | 19:49

Pemangkasan pohon rawan tumbang saat musim hujan di Kota Tangerang, Selasa 8 November 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah jalan protokol Kota Tangerang terdapat pohon besar yang tak hanya menambah keindahan, tapi juga menyejukkan kawasan tersebut. Namun saat musim hujan, keberadaan pohon ini rawan tumbang, terlebih yang sudah berusia tua.

Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota pada Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Indri Suryani menjelaskan ada sekitar 33 ribu pohon pelindung yang berada di wilayah kawasan Kota Tangerang. Jumlah tersebut sesuai dengan penataan pohon dari bulan Desember 2021.

Baca Juga: Pohon Besar di Tangsel Akan Diasuransikan Antisipasi Dampak Tumbang

Adapun titik wilayah yang berpotensi pohon tumbang antara lain Jalan TMP Taruna, Jalan Moch Yamin, Jalan Benteng Betawi, Jalan Sudirman, Jalan KH Hasyim Ashari, Jalan Moh Toha, dan Jalan Surya Darma.

Karena itu pihaknya rutin melakukan pemangkasan pohon setiap hari, di tiga titik yang berbeda dengan tiga armada. Biasanya pemangkasan dimulai dari satu sampai sepuluh pohon.

"Tergantung dengan kondisi pohon, kondisi lapangan, dan tingkat kesulitan," katanya, Selasa 8 November 2022.

Untuk kriteria pohon yang sudah seharusnya dilakukan pemangkasan dan penataan tidak hanya yang rawan tumbang, tapi juga yang kondisinya hampir mati, serta pohon yang berada di kontruksi jalan atau tanggul.

"Itu dilakukan agar tidak membahayakan lalu lintas dan masyarakat yang melintas,” lanjut Indri.

Baca Juga: Ini Besar Santunan untuk Korban Pohon Tumbang di Kota Tangerang

Ia pun menyampaikan tim dari Disbudpar yang khususnya di bidang pertamanan selalu memantau atau inspeksi pohon-pohon yang sudah termasuk kedalam kriteria pohon yang perlu dipangkas. Selanjutnya akan dilakukan monitoring dan diagendakan untuk dilakukan pemangkasan.

"Bagi warga Kota Tangerang yang melihat atau ingin melaporkan mengenai pohon yang kondisinya hampir dan berpotensi tumbang, bisa langsung hubungi 112, lapor di aplikasi Tangerang Live fitur Laksa dan bisa langsung bersurat kepada Disbudpar,” tutup Indri.

BISNIS
Spesial HUT ke-68, Danamon Gelar DXPO di Central Park Jakarta 

Spesial HUT ke-68, Danamon Gelar DXPO di Central Park Jakarta 

Sabtu, 20 Juli 2024 | 15:00

Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) PT Bank Danamon Indonesia Tbk ke-68, DXPO by Danamon resmi digelar di Central Park Mall, Jakarta, Jumat, 18 Juli 2024.

BANTEN
PLN Luncurkan Program Edukasi Keselamatan Listrik untuk Anak-anak 

PLN Luncurkan Program Edukasi Keselamatan Listrik untuk Anak-anak 

Selasa, 23 Juli 2024 | 22:04

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten meluncurkan program edukasi keselamatan listrik yang menyasar masyarakat, terutama anak-anak.

PROPERTI
Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:08

Paramount Petals, pengembang kota mandiri seluas 400 hektar di Curug, Kabupaten Tangerang, kembali menghadirkan hunian premium terbarunya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Diminati Camaba, ITPLN Buka Pendaftaran Sampai 17 Agustus 2024

Diminati Camaba, ITPLN Buka Pendaftaran Sampai 17 Agustus 2024

Minggu, 21 Juli 2024 | 18:59

Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi PLN (ITPLN) untuk tahun akademik 2024/2025 kembali dibuka untuk gelombang reguler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill