Connect With Us

Berantas Narkoba, BNN Kota Tangerang Sebut Beri Edukasi Lebih Penting Daripada Penangkapan

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 16 Juli 2023 | 14:40

Perayaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Minggu 16 Juli 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang terus gencar melakukan pencegahan penyalahgunaan dan pemberantasan peredaran narkoba di wilayahnya.

Meski demikian, penindakan berupa penangkapan pelaku saja tidak cukup. Melainkan harus mengedukasi masyarakat terkait bahaya barang haram tersebut.

"Narkoba itu tidak bisa kita cegah dengan kegiatan pemberantasan. Ditangkap lalu sebagainya itu terpenting, tapi sosialisasi mengedukasi dan mengajak masyarakat terlibat secara utuh memerangi narkoba jauh lebih penting," ucap Kepala BNN Kota Tangerang Kombes Ichlas Gunawan saat perayaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Minggu 16 Juli 2023. 

Ichlas menjelaskan dengan mengajari, memberi pemahaman dan menghindarinya adalah salah satu cara memerangi narkoba. Saat ini pihaknya segera membuat road map dan terpadu untuk bersinergi dengan kecamatan, kelurahan hingga RT/RW.

"Nanti kita akan libatkan semua kampung tematik yang ada di kota kita ini kedepannya akan menjadi kampung bersinar (bersih dari narkoba)," katanya. 

Ichlas menyebutkan, tren narkotika di Kota Tangerang unik sebagai daerah lintasan barang jasa, manusia dan lainnya. Untuk itu, pihaknya menggencarkan penyadaran kepada masyarakat di setiap titik perbatasan. 

"Karena semuanya rawan (di Kota Tangerang) beberapa tempat yang kita lakukan pengawasan, memang ada beberapa titik kita sinyalir menjadi pergerakan narkoba tersebut," katanya. 

BNN Kota Tangerang selama Januari 2023 hingga saat ini, sudah mengungkap empat kasus peredaran narkotika. 

"Ada yang barang buktinya seberat 4 kilogram, lalu 50 kilogram. Dua lainnya tetap kita sikapi empat kasus pada semester ini jadi penanganan dari BNNP dan BNNK wilayah Kota Tangerang," jelas Ichlas.

Sementara itu Wali, Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan senam dan jalan sehat yang digelar dalam perayaan HANI 2023 ini, adalah rangkaian sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba sekaligus mendorong gerakan hidup sehat. 

"Semoga program-program ini bisa sampai ke masyarakat sehingga Indonesia bisa aman menjadi negara maju karena generasi yang kuat," tambahnya.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

Minggu, 28 April 2024 | 22:03

Anggota DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar mengomentari terkait isu mutasi/rotasi jabatan Aparatru Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill