Connect With Us

RSCM Klarifikasi Soal Meninggalnya Pasien Obesitas Kedua Asal Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 21 Juli 2023 | 19:34

Cipto Raharjo, 27, warga Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, dievakuasi petugas BPBD Kota Tangerang karena memiliki bobot 200 kilogram (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengklarifikasi perihal meninggalnya Cipto Raharjo, pasien obesitas kedua asal Tangerang pada Rabu, 19 Juli 2023, lalu.

Plt Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti menjelaskan, pria berbobot sekitar 200 kilogram itu meninggal usai mengalami kondisi gagal napas setelah dirawat secara intensif selama hampir sembilan hari seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat, 21 Juli 2023.

Dikatakan Lies, pihaknya menerima pasien Cipto Raharjo atas rujukan RSUD Kota Tangerang pada 11 Juli 2023.

Sebelumnya, Cipto dirawat di RSUD Kota Tangerang usai dievakuasi oleh Damkar pada 4 Juli 2023.

Lies menuturkan, kondisi pasien saat dirujuk ke RSCM telah mengalami komplikasi sehingga memerlukan penanganan secara intensif oleh sejumlah ahli dari berbagai disiplin ilmu selama hampir sembilan hari.

Adapun para ahli tersebut terdiri dari dokter ahli perawatan intensif (intensivis), pulmonologi (paru-paru), kardiovaskular (jantung), pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi, medik

Ia pun menegaskan penanganan pasien selama di RSCM telah didukung oleh sejumlah perawat dan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Lagi, Penderita Obesitas Asal Tangerang Meninggal Dunia 

"Pemulasaraan jenazah dilakukan di RSCM secara muslim. Pengurusan jenazah selanjutnya hingga ke pemakaman dilakukan oleh pihak keluarga," imbuhnya.

Baca Juga: Dinkes Tangerang Klaim Punya Penanganan untuk Kasus Obesitas Jauh Sebelum Viral elum-Viral

Meski begitu, Lies mewakili pihak RSCM mengungkapkan rasa dukacita yang mendalam atas meninggalnya pasien obesitas asal Tangerang, Cipto Raharjo.

"Plt Direktur Utama dan Jajaran Direksi RSCM, tim dokter dan tim nakes yang telah berusaha optimal, turut mengucapkan dukacita yang mendalam atas meninggalnya pasien CR," pungkasnya.

Sebelumnya, Muhammad Fajri pasien obesitas dengan bobot nyaris 300 kilogram asal Tangerang meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama hampir dua pekan di RSCM akibat mengalami syok septik.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

KAB. TANGERANG
Puskesmas Kelapa Dua Tangerang Diresmikan, Setara RS Tipe D

Puskesmas Kelapa Dua Tangerang Diresmikan, Setara RS Tipe D

Jumat, 17 Mei 2024 | 19:32

Puskesmas Kelapa Dua, yang baru selesai dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya diresmikan, Jumat 17 Mei 2024.

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill