Connect With Us

Bakal Direvitalisasi, Ini Sejarah Pasar Anyar Tangerang yang Legendaris

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 7 September 2023 | 16:41

Pasar Anyar Tangerang mulai menerapkan transaksi pembayaran digital QRIS. (@TangerangNews / PD Pasar Kota Tangerang)

TANGERANGNEWS.com- Pasar Anyar yang berlokasi di Kelurahan Sukasasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, merupakan salah satu pasar tradisional dengan nilai historis.

Memiliki luas lahan sebesar 24.680 m2, Pasar Anyar yang dikelola oleh Perumda Pasar Kota Tangerang akan segera direvitalisasi pada September 2023.

Dibalik ikoniknya, Pasar Anyar Kota Tangerang memiliki catatan historis lantaran telah berdiri sejak 1967 silam.

Direktur Utama Perumda Pasar Kota Tangerang Titien Mulyati mengatakan, Pasar Anyar Kota Tangerang sempat berada di masa jayanya dengan jumlah pengunjung mencapai dua ribu pengunjung per hari dan 1.036 kios yang beroperasi.

"Sejak dulu Pasar Anyar Tangerang memang terkenal dengan pasar tradisional yang menyediakan kebutuhan pokok secara lengkap," ujarnya, Kamis, 7 September 2023.

Lanjutnya, Pasar Anyar memang terkenal sebagai salah satu penggerak utama perekonomian di Kota Tangerang dan berbagai wilayah di sekitarnya pada dekade 1990-an dan awal 2000-an.

Namun, masa kejayaan Pasar Anyar Kota Tangerang kian redup dimakan zaman. Terlebih, dengan kondisinya makin termakan usia sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung.

Titien menuturkan, revitalisasi yang dilakukan dalam bentuk infrastruktur, sistem yang lebih modern, terintegrasi dengan ruang publik lainnya, moda transportasi publik, hingga kawasan destinasi wisata Kota Lama Kota Tangerang.

Sebagai informasi, Pasar Anyar Kota Tangerang beroperasi selama 24 jam penuh, Pasar Anyar memiliki tiga lapis bangunan dengan klasifikasi produk penjualan yang berbeda-beda, meliputi lantai satu didominasi penjualan makanan kering, seperti sembako, sayur, beras, dan lainnya, lantai dua didominasi penjualan pakaian, dan lantai tiga yang didominasi kantor serta fasilitas umum.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill