Connect With Us

Gurayud, Inovasi Dinas Pendidikan Kota Tangerang Perkuat Karakter Siswa PAUD Lewat Lagu Anak

Advertorial | Senin, 26 Februari 2024 | 17:56

Event Gebyar PAUD dalam rangka menyambut HUT ke-31 Kota Tangerang, di Tangcity Mal, Senin 26 Februari 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) mendorong penguatan karakter siswa PAUD lewat program Inovasi Lagu di Hari Rabu Anak PAUD (Gurayud).

Inovasi ini dilaunching dalam event Gebyar PAUD yang sekaligus menyambut HUT ke-31 Kota Tangerang, di Tangcity Mal, Senin 26 Februari 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan Inovasi Gurayud ini merupakan upaya memperkuat pertumbuhan karakter anak sambil bermain dan belajar, lewat lagu anak-anak ciptaan Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kota Tangerang.

"Jadi di PAUD kita bukan mendorong anak-anak untuk baca, tulis dan menghitung (calitung), tapi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Mereka akan diajak menyanyikan lagu-lagu setiap hari Rabu," katanya saat pembukaan Gebyar PAUD.

Adapun lagu-lagu ini berisi pesan-pesan yang bermanfaat bagi si anak, seperti rajin belajar dan beribadah, hormat pada orangtua, sarapan makanan yang bergizi hingga jangan jajan sembarangan.

"Lagu ini ada sisi edukasi, seni, olahraga dan ibadahnya, sehingga nanti anak-anak terpacu dan termotivasi ketika menghayatinya," tambah Nurdin.

Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin menambahkan, lagu yang diresmikan dalam Inovasi Gurayud ini berjudul Makan Sehat, Aku Kuat.

Hal ini mengajarkan anak-anak lewat musik dan bernyanyi untuk menjalankan pola hidup sehat.

Inovasi ini dibuat lantaran metode belajar di tingkat PAUD dan TK sudah tidak lagi menekankan belajar calitung.

Di tingkat tersebut, anak-anak harus lebih banyak bermain sambil belajar, serta penguatan karakter dan pengenalan lingkungan.

"Jadi kita buat setiap hari Rabu mereka menyanyi dengan riang gembira dan sambil bermain dan olahraga," terangnya.

Sementara itu, Gebyar PAUD digelar untuk menumbuhkan semangat bagi anak-anak berkreativitas. Kegiatan bertema "Harmoni Anak Paud Ceria: Cinta Seni, Olahraga dan Menumbuhkan Ketakwaan" ini diikuti sebanyak 586 anak dari PAUD/TK se-Kota Tangerang.

"Kegiatan diisi dengan berbagai lomba seperti menyanyi, senam sehat, hafalan surat pendek, sehingga anak mampu berinovasi dan menjadi generasi yang unggul. Sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-31 Kota Tangerang,” tuturnya.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill