Connect With Us

Simak 8 Cara Jaga Otak Agar Tetap Sehat dan Tidak Mudah Pikun dari Dokter Tangerang

Redaksi | Senin, 4 Maret 2024 | 09:17

Ilustrasi otak. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Otak pada manusia memiliki peran sangat penting. Dengan otak, manusia memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak, merencanakan masa depan, dan menggunakan bahasa dengan tingkat kompleksitas tinggi.

Dengan kempuan otaknya manusia memiliki kemampuan untuk menciptakan alat, teknologi, dan budaya yang sangat kompleks. Sehingga dengan demikian, otak memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. 

Untuk itu, otak perlu dijaga kesehatannya agar tetap maksimal menjalankan perannya. 

Dokter Spesialis Saraf RS Sari Asih Karawaci, dr. Gogor Meisadona, SpN, memberikan beberapa tips untuk menjaga Kesehatan otak.

1. Olahraga 

Melakukan olahraga secara teratur minimal 2 jam per minggu dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki kesehatan pembuluh darah. Kegiatan ini bisa menghindari pikun dan penyakit stroke.

2.Belajar

Terus menantang otak dengan aktivitas yang merangsang pikiran, seperti mengisi teka-teki silang, atau mempelajari hal-hal baru. 

Latihan otak secara teratur ini dapat membantu mempertahankan kecerdasan dan menguatkan memori.

3. Berhenti Merokok

Merokok secara berlebihan dapat merusak otak dan meningkatkan risiko penyakit kognitif seperti pikun atau demensia. Pertimbangkan untuk berhenti merokok agar otak tetap sehat.

4. Jaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan jantung memang tidak secara langsung terkait dengan risiko pikun, namun menjaga kesehatan jantung tetap penting untuk menjaga kesehatan otak.

5. Mencegah Benturan di Kepala

Seseorang yang sering terkena benturan di kepala baik saat berolahraga atau terjatuh dikemudian hari akan lebih mudah terserang penyakit pikun.

6. Makan-makanan Bergizi

Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, lemak sehat (seperti lemak omega-3 dari ikan), dan protein sehat. Hindari makanan olahan dan berlebihan gula serta lemak jenuh.

7. Tidur yang Cukup

Mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam 6-8 jam setiap hari sangat penting untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif yang optimal.

8. Kehidupan Sosial

Pertahankan hubungan sosial yang sehat dengan keluarga dan teman-teman. Interaksi sosial dapat membantu menjaga kesehatan otak dan melawan isolasi sosial yang dapat meningkatkan risiko penyakit kognitif.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill