Connect With Us

Ditarget Kemendagri, e-KTP di Kota Tangerang Terkendala Alat

| Rabu, 21 September 2011 | 18:37

e-KTP. (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Penerapan elektronik KTP (e-KTP) di Kota Tangerang, akan terkendala pada peralatan yang ada. Sebab, dari yang ditargetkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) peralatan yang diberi tak sesuai dengan jumlah penduduk di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang,  Rina Hernaningsih ketika ditemui disela-sela acara simulasi di Kecamatan Batu Ceper mengatakan, target kami dalam 100 hari bisa melayani sekitar satu juta penduduk yang wajib memiliki KTP. "Tapi rasanya sulit, karena peralatan yang ada tidak cukup," ucap Rina.

Saat ini kata Rina, dari 1,8 juta warga Kota Tangerang, yang wajib memiliki KTP ada sekitar 1.081.296 orang. Sementara peralatan e-KTP yang dikirim dari Kemendagri baru 26 unit, yang disebar ke 13 kantor kecamatan di Kota Tangerang. Sedangkan yang alat yang akan ditambah 68 unit belum sampai.

"Untuk yang 26 unit berstatus hibah, sedangkan yang 68 unit tambahan sifatnya pinjaman. Tapi sampai sekarang belum dikirim," ucap Rina.

Karena itu, kata Rina, pihaknya tidak berani memasang target berapa lama semua warga Kota Tangerang bisa terlayani e-KTP. "Idealnya ada sekitar 94 unit peralatan pembuat e-KTP, sehingga untuk kecamatan yang penduduknya padat ada lima unit atau bahkan lebih. Seperti di Kecamatan Karawaci, sekarang cuma dua unit harusnya ditambah menjadi 10 unit," ucapnya.

Jika peralatan yang ada cukup memadai, tiap kecamatan bisa melayani hingga 1.000 orang/hari. "Kalau cuma dua unit, paling maksimal bisa melayani 100 orang/hari. Karena untuk melayani tiap orang butuh waktu lima hingga 10 menit," ucap Rina. (RAZ/DRA)

NASIONAL
Hari Bumi 2024, PLN Komitmen Dukung Transisi Energi Hadapi Ancaman Perubahan Iklim

Hari Bumi 2024, PLN Komitmen Dukung Transisi Energi Hadapi Ancaman Perubahan Iklim

Kamis, 9 Mei 2024 | 19:51

PT PLN (Persero) berkomitmen untuk menjalankan operasional bisnis secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek sosial (people), ekonomi (profit), dan lingkungan (planet).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Ke Perumahan Pondok Arum Tangerang

Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Ke Perumahan Pondok Arum Tangerang

Kamis, 9 Mei 2024 | 17:50

Buaya sepanjang 2 meter berhasil ditangkap petugas BPBD Kota Tangerang setelah masuk ke Perumahan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill