Connect With Us

Adang Suyitno Langgar Kode Etik

| Minggu, 23 Oktober 2011 | 22:05

Kantor KPU Kota Tangerang. (tangerangnews / deddy)


TANGERANG-Hasil rapat pleno yang dilakukan oleh tim Dewan Kehormatan (DK) KPU Banten pada Minggu (23/10) malam telah keluar hasil. Anggota KPU Kota Tangerang Adang Suyitno dinyatakan telah melanggar kode etik sebagai penyelenggara.
 
 “Dalam pleno yang telah dilakukan DK KPU Banten, kami memutuskan bahwa Adang Suyitno telah berbuat tidak patut  atau menyalahi kode etik,” ungkap Sekretaris DK KPU Banten Lukman Hakim kepada wartawan.  
 
Karenanya, kata Lukman, pihaknya memberikan rekomendasi kepada Ketua KPU Banten Hambali untuk memberikan teguran kepada yang bersangkutan, secara tertulis. 
 
Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan sanksi itu, ujar Lukman, dikarenakan dalam pertemuan yang dilakukan tidak diketahui oleh Ketua KPU.
 
“Pertemuan dengan salah satu anggota DPD RI dan seluruh PPK di Kota Tangerang itu berdasarkan inisiatif, dan tidak ada pemberitahuan kepada orang KPU lainnya,” terangnya.
 
Hal yang memberatkan lainnya, ujar Lukman, yakni adanya pemberian uang ongkos senilai Rp300 ribu kepada seluruh PPK yang hadir. 
 
“Adang terbukti memberikan langsung uang itu kepada seluruh PPK. Dan itu adalah hal yang memberatkan,” katanya.
 
 Dilanjutkan Lukman, ada juga beberapa hal meringankan yang dipertimbangkan DK KPU Banten, yaitu bahwa pertemuan tersebut dilakukan bukan sebagai tim penyelenggara yang bertemu dengan tim sukses salah satu pasangan calon. Pasalnya, waktu pertemuan digelar, belum ada penetapan bakal calon gubernur.
 
“Setelah kami lakukan klarifikasi terhadap semua pihak, diketahui dalam pertemuan itu tidak ada komentar atau arahan untuk memenangkan salah satu kandidat dalam Pemilihan Gubernur Banten 2011,” papar Lukman.
 
Bukti kuat lainnya yang meringankan, ungkap Lukman, bahwa anggota DPD RI itu membawa surat tugas untuk melakukan pertemuan bersama anggota KPU dan seluruh PPK di Kota Serang.
 
 “Akan tetapi bagaimanapun, pertemuan itu tidak patut karena dikhawatirkan akan menimbulkan kecurigaan dan tafsir yang salah bagi masyarakat, " jelasnya. (FUA) 
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Minggu, 19 Mei 2024 | 21:33

Evakuasi badan pesawat latih yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024. akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT).

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill