Connect With Us

Kredit Fiktif, Kepala BRI Grendeng Ditahan Kejaksaan

| Kamis, 24 November 2011 | 18:03

Kejaksaan Negeri Tangerang (tangerangnews / dens)

 
TANGERANG-Kepala Unit BRI Grendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Deden Sumantri bin Juhana dan staffnya Ridwan Kamil bin Hasan Basri ditangkap petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang, Kamis (24/11).  
 
Keduanya dibawa petugas Kejari Tangerang ke rumah tahanan (rutan) di Serang, Provinsi Banten karena diduga telah melakukan korupsi senilai Rp 389 juta.
 
Kajari Tangerang, Jaja Subagja didampingi Kasie Pidsus Husin Fahmi kepada wartawan mengatakan, penahanan keduanya berdasarkan adanya pelimpahan kasus tersebut dari petugas Polres Metro Kota Tangerang.  
 
Karena terbukti ada unsur korupsi, pihaknya langsung menahan keduanya dan menyita 17 dokumen pencairan kredit fiktif melalui kredit umum pedesaan (KUPEDES), salah satu fasilitas kredit yang disediakan oleh BRI.
 
 “Jumlahnya mulai dari Rp20 juta per-orang. Tapi memang bervariasi,” terangnya, hari ini.
 
Kini kedua tersangka dijerat Pasal 2 ayat dan 3 UU No.31/1999 tentang tindak pidana korupsi, joncto No.20/2011 tentang korupsi dengan diancam maksimal kurungan penjara 20 tahun penjara.

 
Kasat Reskrim Polres Metro Kota  Tangerang, AKBP Rahmat menyatakan, terungkap kasus ini bermula dari laporan tim auditor BRI yang menemukan adanya proses pengajuan permohonan kredif fiktif terhadap 17 nasabah senilai Rp 389 juta. Pihaknya kemudian menindaklanjuti temuan tersebut.
 
"Setelah dilakukan pengecekan, ternyata pengajuan kredit tersebut fiktif,"kata Rahmat.
 
Rahmat menuturkan, setelah dimulainya surat perintah dimulainya penyelidikan pemeriksaan dan berkas kasus tersebut dinyatakan lengkap. Pihaknya, akhirnya melimpahkan laporan itu kepada pihak Kejaksaaan.
 
“Dari hasil penyidikan petugas Kejaksaaan ditemukan adanya kerugian Negara, sehingga memberikan petunjuk kasus tersebut adalah korupsi,” terang  Rahmat. (DRA)

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill