Connect With Us

Karyawan Alfamart Protes Tak Bisa Klaim Asuransi Kesehatan

| Senin, 16 Januari 2012 | 17:57

demo karyawan alfamart ( / )

TANGERANG-Sekitar 30 karyawan mini market Alfamart menggelar aksi solidaritas di depan kantor pusat Alfamart cabang Cikokol, Jalan MH. Thamrin No. 9, Kelurahan Cikokol, Kota Tangerang, Senin (16/1). Mereka memprotes pihak manajemen karena tidak bisa mengklaim asuransi kesehatan karyawan untuk berobat.
 
Para karyawan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Bersama Karyawan Alfamart (Fobka) menggelar aksi dengan membentangkan poster dan membagian selembaran berisi tuntutan mereka.
 
Menurut koordinator aksi, Saman, kronologis peristiwa tersebut berawal dari salah satu rekannya, Sofyan, karyawan Alfamart Cabang Cikokol, yang hendak mengobati sakit kanker istrinya di rumah sakit. Sofyan berobat dengan asuransi kesehatan Magna.
 
“Tapi setelah dioperasi, ternyata untuk penyakit tertentu seperti penyakit bawaan, biayanya tidak bisa diklaim oleh asuransi. Sehingga Sofyan harus menanggung biaya berobat Rp 7 juta,” katanya.
 
Kemudian Sofyan meminta bantuan dana kepada pihak manajemen. Ia pun mendapat bantuan dana dengan pengantian potongan gaji tiap bulan. “Jadi biaya asuransi dibebankan ke karyawan,” ungkap Saman.
 
Saman mengaku sebelumnya pihak manajemen tidak pernah mensosialisasikan ketentuan klaim asuransi kesehatan. Ia menilai bahwa ketentuan tersebut memberatkan karyawan. “Kita protes karena tidak pernah diberitahukan soal ketentuan asuransi kesehatan. Kita merasa dibebani,” tegasnya.
 
Ia menambahkan, pihaknya tengah berupaya mencari kesepakatan dengan perusahaan terkait asuransi kesehatan tersebut. “Sedang kita bicarakan dengan manajemen, kalau tidak ada kesepakatan kita gelar aksi lagi,” ungkap Saman.
 
Sementara Public Relation Manager Alfamart Yulianto membantah tidak mensosialisasikan ketentuan asuransi kesehatan kepada karyawan. Pihaknya mengaku telah memberikan hak-hak karyawan seuai ketentuan. “Kita pasti sosialisasikan. Kalaupun ada yang tidak, pasti pihak rumah sakit akan berkomunikasi dengan manajemen terkait biaya yang bisa diklaim,” ungkapnya.
 
Menurutnya, dalam ketentuan asuransi tersebut memang tidak meng-cover biaya penyakit bawaan dan anak ke empat. Selain itu, ada tarif plafon tertentu sesuai jabatan karyawan Alfamart. “Tidak semua karyawan mendapat fasilitas asuransi kesehatan yang sama. Makin tinggi jabatannya makin besar tarif asuransi yang bisa diklaim. Kalau Sofyan berobatnya melebihi tarif plafon, yah tentu tidak bisa diklaim,” kata Yulianto.
 
Ia menjelaskan, sebenarnya pihak perusahaan telah berupaya membantu Sofyan dengan memberikan pinjaman karyawan tanpa bunga. “Kita sudah bantu biaya pengobatan. Sofyan hanya tinggal menganti dengan potongan gaji tiap bulan dengan angsuran tidak lebih dari 30 persen,” paparnya.(RAZ)

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill