Connect With Us

Sebabkan Banjir, Tanggul Kali Angke Ditambal Rp100 Juta

| Senin, 23 April 2012 | 21:59

Warga menonton banjir di Ciledug (tangerangnews / dira)

 
TANGERANG – Paca kebocoran tanggul Kali Angke yang menyebabkan banjir di sejumlah perumahan di Kota Tangerang beberapa lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menggelontorkan dana tak kurang dari Rp100 juta untuk menambal kebocoran tersebut. Pihak DPU pun menjamin, 1-2 tahun kedepan, kebocoran itu tidak terjadi lagi.
 
Kepala Bagian Sumber Daya Air pada DPU Kota Tangerang Suparman Iskandar mengatakan, sebagaimana janjinya saat terjadi kebocoran tanggul Kali Angke yang membanjiri perumahan Pondok Bahar, Pinang Griya, dan Ciledug Indah, pihaknya langsung melakukan penambalan saat air surut, Senin (23/4).
 
“ Ada belasan titik kebocoran yang kami sudah tambal. Tim kami dari Unit Reaksi Cepat 88 langsung terjun ke lokasi untuk menambal semua lubang di tanggul tersebut. Pendanaannya pun kami keluarkan dari APBD untuk pemeliharaan tanggul sebesar Rp100 juta,” kata Suparman saat dihubungi wartawan.
 
Dia menuturkan, kekuatan penambalan sendiri diperkirakan bisa mencapai 1-2 tahun. Sehingga, dengan begitu, rembesan air dari Kali Angke yang selama ini memasuki pemikiman warga bisa berkurang. “Mudah-mudahan tambalannya bisa mengurangi kebocoran dan tidak lagi membanjir perumahan warga,” jelasnya.
 
Lebih lanjut Suparman mengatakan, selain melakukan penambalan dan pemeliharaan, pihaknya juga sudah menyiapkan dana tak kurang dari Rp1 miliar untuk rehab sejumlah turab di aliran kali. Antara lain, aliran kali yang melintasi perumahan Total Persada, Wisma Tajur, Puri Kartika, Pondok Arum, Priuk Jaya, dan Priuk Damai.
 
“Kami juga tidak berharap banjir terus menerpa warga, makanya selalu kami siapkan dana untuk perbaikan, pemeliharaan dan rehab turab maupun tanggul yang sekiranya sudah mengalami kerusakan atau kebocoran,” tandasnya.
 
Sebelumnya diberitakan, belasan titik kebocoran terjadi di sepanjang tanggul Kali Angke yang melintasi perumahan Ciledug Indah, Pondok Bahar, Pinang Griya, dan Duren Villa. Kebocoran itu tidak hanya membuat warga di perumahan tersebut kebanjiran, namun juga membuat warga khawatir, takut-takut turab akan jebol, dan mengakibatkan rumah warga terendam.
 
 Bukan hanya itu, akibat kebocoran tanggul dan rusaknya sejumlah turab, juga kerap membuat akses jalan warga tertutup genangan air hingga 80 centimeter. “Kami akui memang tanggul kita banyak yang butuh perbaikan. Makanya, kami usahakan perbaikan itu cepat dilakukan. Kamu juga sudah meminta bantuan pemerintah pusat agar turut serta melakukan perbaikan tanggul-tanggul di aliran kali yang sudah rusak,” singkat Suparman. (KUN)

KAB. TANGERANG
Sekda Kabupaten Tangerang Minta Guru dan Orang Tua Perkuat Pendidikan Agama Bagi Anak

Sekda Kabupaten Tangerang Minta Guru dan Orang Tua Perkuat Pendidikan Agama Bagi Anak

Jumat, 10 Mei 2024 | 16:14

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mendorong para pendidik dan orang tua, untuk terus memperkuat pendidikan agama bagi generasi muda di era digitalisasi.

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

HIBURAN
Kang Mus 'Preman Pensiun' Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Narkoba 

Kang Mus 'Preman Pensiun' Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Narkoba 

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:31

Pameran Kang Mus dalam sinetron Preman Pensiun, Epy Kusnandar ditangkap pihak Polres Metro Jakarta Barat akibat diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill