Connect With Us

Barang Langka, Harga Gas Merangkak Naik

| Selasa, 29 Mei 2012 | 19:28

Seorang pedagang eceran sedang menjajakan gas elpiji ukuran tiga kilogram. (TN / Ist)

TANGERANG – Kalangan ibu rumah tangga kini makin dipusingkan dengan naiknya sejumlah kebutuhan pokok. Salah satunya adalah gas elpiji ukuran tiga kilogram. Jika di tingkat distributor, harga gas elpiji kini naik sekitar seribu rupiah atau menjadi Rp 14.000 dari harga semula Rp 13.000, maka di tingkat eceran harganya tembus hingga Rp 16.000 pertabung.
 
Naiknya harga gas elpiji ukuran ini diduga karena kurangnya pasokan dari Pertamina. Hal ini diakui oleh sejumlah agen gas elpiji di Kota Tangerang.
 
“Kira-kira sudah dua bulan terakhir pasokan gas berkurang. Kalau biasanya dalam sebulan dua kali pengiriman dengan jumlah 480 tabung, kini dalam dua bulan terakhir ini hanya sekali pengiriman jumlahnya juga hanya 100 tabung,” kata Vonny, agen gas elpiji yang terletak di Jalan Ki Samaun, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Selasa (28/5).
 
Menurut Vonny, kelangkaan gas ini makin menjadi-jadi seminggu terakhir, pasalnya hingga kemarin, belum ada pengiriman gas 3 kg ke agen miliknya. Lantan barangnya yang langka itulah, maka kenaikan harga gas elpiji berwarna hijau itu tidak bisa dihindarkan. “Ya karena barangnya langka, akhirnya terpaksa harganya naik jadi Rp 14.000,” terang Vonny.
 
Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan ketegasan dari Pertamina kapan kondisi ini akan berakhir dan pasokan akan kembali normal.
 
“Saya sudah pesan sejak 3 hari lalu, tapi sampai sekarang belum ada pasokan yang datang. Stok barang juga kian menipis,” kilasnya.
 
Kenaikan harga gas elpiji juga dirasakan Jayadi, salah seorang pengecer gas elpiji di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh. Lantaran langkanya gas elpiji, ia membanderol harga gaselpiji ukuran 3 kilogram menjadi Rp 16.000.
 
“Soalnya saya beli di agen harganya sudah Rp13.500 pertabung,” katanya.
 
Diakui Jayadi, saat ini pasokan ke tingkat pengecer sudah mulai tersendat, bahkan dalam seminggu bisa tidak ada pengiriman, sedangkan permintaan meningkat.
 
“Barangnya susah, makanya jadi naik. Warga pun kelihatanya terpaksa membeli gas yang harganya tidak lagi ada ukurannya ini,” singkatnya.

Keluhan soal kenaikan harga gas 3 kilogram juga dikatakan Imam Wahidin (33), warga Kelurahan Cipondoh. Menurutnya, untuk saat ini untuk gas 3 kg masih ada dibeberapa warung di tempat tinggalnya, akan tetapi harganya sudah melesat. “Saya kaget, biasanya beli gas Rp14.000 kok sekarang sampai Rp16.000. Informasi yang saya dapat barangnya susah,” keluhnya.(DRA)

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

OPINI
Rasa Aman Hanyalah Angan karena Digilas Kriminalitas

Rasa Aman Hanyalah Angan karena Digilas Kriminalitas

Sabtu, 11 Mei 2024 | 15:16

Terbiasa oleh ketakutan dan dijauhkan oleh rasa aman adalah gambaran khas kehidupan kita hari ini. Padahal merasa aman adalah hak setiap individu sebagai warga negara.

KAB. TANGERANG
Sekda Kabupaten Tangerang Minta Guru dan Orang Tua Perkuat Pendidikan Agama Bagi Anak

Sekda Kabupaten Tangerang Minta Guru dan Orang Tua Perkuat Pendidikan Agama Bagi Anak

Jumat, 10 Mei 2024 | 16:14

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mendorong para pendidik dan orang tua, untuk terus memperkuat pendidikan agama bagi generasi muda di era digitalisasi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill