Connect With Us

Beri Uang ke Pengemen Denda Rp5 Juta

| Kamis, 5 Juli 2012 | 18:14

 TANGERANG – Pasca berlakunya Perda Pembinaan Anak Jalanan (anjal) Gelandangan, Pengemis (gepeng) dan Pengamen di Kota Tangerang, empat golongan masyarakat ini dilarang untuk melakukan aktifitasnya di jalan raya dan tempat umum. Kalau tidak, mereka akan kena sanksi 3 bulan penjara, atau denda sebanyak Rp500 ribu.
 
“Sanksi ini bukan hanya dikenakan kepada anjal, gepeng dan pengamen, namun juga masyarakat umum di Kota Tangerang yang memberikan mereka uang di jalan raya dan tempat umum. Bahkan, sanksinya lebih berat lagi, yakni kurungan penjara 3 bulan atau denda maksimal Rp5 juta,” kata Erlan Rustarlan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Kamis (5/7).
 
Menurut Erlan, sebelum Perda ini benar-benar berlaku efektif untuk semua masyarakat di Kota Tangerang, pihaknya akan merancang sejumlah program sosiaalisasi. Baik dalam bentuk pertemuan langsung, mekalui pamplet, spanduk dan lain sebagainya. “Kami belum akan memberlakukannya dalam waktu dekat. Tapi, setidaknya kami ingin Perda ini mendapatkan perhatian serius masyarakat,” pintanya.
 
Bersamaan dengan sosialisasi tersebut, pihaknya juga akan menyusun petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) penerapan Perda yang tujuannya memang untuk menghilangkan aktifitas anjal, gepeng dan pengamen di jalan raya dan muka umum.
 
“Dalam juklak dan juknis akan kami muat juga soal pembinaan teknis bagi empat golongan ini. Termasuk, pemberian hibah kepada para pengemis eks kusta, dan juga pembangunan sarana dan prasarana pembinaan bagi anjal dan pengamen pada tahun 2013 mendatang,” tandasnya.
 
Kedepannya juga, pihaknya akan berkoordinasi secara intensif dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dalam rangka penegakan perda tersebut. Sebab, bagaimanapun pihaknya punya kewajiban untuk merealisasikan dan mengefektifkan perda tersebut, dengan bantuan berbagai pihak. “Secara teknis kami berkewajiban menyebarluaskan informasi atas aturan ini. Sedangkan untuk penindakannya nanti ada di Satpol PP,” singkatnya.
 
Dalam kesempatan itu, Erlan juga berharap partisipasi aktif dari masyarakat untuk merubah budaya memberi yang tidak pada tempatnya. Sebab, efektifitas ini tidak akan berjalan tanpa bantuan dari masyarakat luas. “Harapan kami masyarakat juga harus mulai menahan diri untuk memberikan uang kepada anjal, gepeng dan pengamen di muka umum dan jalan raya,” imbaunya.(DRA)
 

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

KOTA TANGERANG
Siap-siap, Kota Tangerang Bakal Punya Wali Kota Baru dalam Sehari 

Siap-siap, Kota Tangerang Bakal Punya Wali Kota Baru dalam Sehari 

Jumat, 17 Mei 2024 | 14:23

Tangerang akan memiliki wali kota baru, yang hanya bertugas dalam sehari, tepatnya pada Senin, 20 Mei 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill