Connect With Us

Berhenti Mengemis, Penyandang Kusta Dapat Bantuan Rp1,4 juta/Bulan

| Kamis, 25 Oktober 2012 | 18:47

Mahasiswa melakukan aksi demo terkait Kartu Multiguna. (tangerangnews / dira)

Reporter : Rangga A Zuliansyah
 
TANGERANG-Dinas Sosial Kota Tangerang mewacanakan bantuan uang tunai kepada pengemis yang menderita kusta berat sebesar Rp 1,4 juta per bulan. Setelah mendapat bantuan tunai, penderita kusta tersebut  dilarang mengemis kembali.
 
Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kota Tangerang Agus R Wahyudi mengatakan, bantuan uang tunai tersebut akan dianggarkan pada tahun 2013. Program itu dilakukan untuk mengurangi pengemis penderita kusta yang terus bertambah di Kota Tangerang.
 
“Bantuan ini khusus penderita kusta parah. Kalau pengemis biasa tidak bisa diberikan. Bantuan diberikan setiap bulan sebesar Rp 1,4 juta. Kita berikan bantuan agar yang bersangkutan berhenti mengemis dan membuka usaha,” katanya, Kamis (25/10).
 
Menurut Agus, keberadaan pengemis eks penderita kusta terus bertambah di Kota Tangerang. Hal ini disebabkan, para eks penderita kusta dari seluruh indonesia yang berobat di Rumah Sakit Sitanala Kota Tangerang, ditolak keluarganya saat pulang ke kampung halaman. Sehingga mereka menetap di Kota Tangerang dan  sebagian besar mencari nafkah dengan menjadi pengemis.
 
“Untuk tahun 2012, tercatat ada sebanyak 861 penerita kusta yang telah dirawat di RS Sitanala. Mereka yang malu atau tidak diterima keluarga saat hendak pulang, akhirnya memilih menetap disini,” ujarnya.
 
Agus menambahkan, pengemis yang mendapat bantuan nantinya akan dicatat idenitasnya oleh Dinsos. Jika yang bersangkutan tertangkap mengemis kembali, maka bantuan uang tunai tersebut akan ditarik kembali.
 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Cara Pasang Listrik Sementara Pakai Aplikasi PLN Mobile, Bisa Untuk Acara Hajatan 

Cara Pasang Listrik Sementara Pakai Aplikasi PLN Mobile, Bisa Untuk Acara Hajatan 

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:37

Masyarakat, terutama di Provinsi Banten, tidak perlu khawatir tentang kekurangan kapasitas listrik saat menyelenggarakan acara hajatan atau pesta.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill