Connect With Us

Disaksikan Jokowi, PLN Jalin Kerja Sama dengan 9 Perusahaan China

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 17 Oktober 2023 | 02:22

PT PLN (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan 9 perusahaan besar dari China, di sela kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Beijing, China. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) menjalin kerja sama dengan sembilan perusahaan dalam energi baru terbarukan (EBT) pada Indonesia-China Business Forum (ICBF) di Beijing, China.

Penandatanganan kesepakatan itu disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melaksanakan kunjungan kerja ke Beijing untuk bertemu Presiden China, Xi Jinping selama 15 hingga 18 Oktober 2023 .

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan kunjungan kerja dimaksudkan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan China. 

Selain itu, Jokowi konsen terhadap tiga isu prioritas yang diusung dalam pertemuan ini, yakni ekspor, investasi dan ketahanan pangan.

"Sejumlah isu prioritas yang akan kita bahas dengan China antara lain peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan pembangunan ketahanan pangan," ujarnya.

Oleh karena itu, PLN akan mendapat peran penting dalam peningkatan investasi antara China dan Indonesia dalam sektor energi.

Adapun perusahaan yang bekerja sama dengan PLN ialah State Grid Corporation of China (SGCC) dan Trina Solar China dalam pengembangan smart grid sebagai backbone kelistrikan energi bersih di Indonesia. 

Lalu, tujuh perusahaan lainnya antara lain The Export-Import Bank of China, Sinosure, Bank of China, Industrial and Commercial Bank of China, State Development & Investment Corp. Ltd, Huawei Tech Investment, dan China Energy International Group dengan total nilai valuasi kerja sama (termasuk pendanaan) sebesar lebih dari 54 miliar USD.

"Bersama-sama, kita akan membangun jalur transmisi supergrid ramah lingkungan, smart grid, dan memperluas kemitraan ke depan," ungkap Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Darmawan memaparkan,  kerja sama antara PLN dan SGCC mencakup studi bersama dalam pemanfaatan energi terbarukan, penyimpanan tenaga listrik.

Tak hanya itu, integrasi jaringan listrik hingga manajemen jaringan cerdas untuk meningkatkan sistem tenaga listrik yang andal, berkualitas dan ekonomis.

Sementara dengan Trina Solar, PLN melalui PLN Indonesia Power Renewables melakukan joint venture menggandeng Sinar Mas dan Agra Surya Energi untuk pembangunan pabrik sel dan panel surya terbesar se-Indonesia di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

"Trina Solar ini perusahaan terkemuka dengan teknologi masa depan. Bersama-sama, kami telah meluncurkan joint venture manufaktur Solar PV," imbuhnya.

Menurut Darmawan, pembangunan manufaktur Solar PV dapat memaksimalkan potensi energi surya di Indonesia yang sangat besar, mencapai 207 Gigawatt (GW).

Dia berharap, kolaborasi ini dapat mengakselerasi skenario transisi energi, dengan target 75 persen penambahan kapasitas energi berasal dari energi terbarukan dan 25 persen sisanya dari gas alam pada tahun 2040.

Terlebih, saat ini pemerintah tengah gencar mengundang investasi ke Tanah Air di bidang energi baru terbarukan. 

"Forum seperti ini menunjukkan perubahan besar. Dari kita yang sebelumnya terfragmentasi, menjadi satu kesatuan," pungkasnya.

Sebagai informasi, forum China-Indonesia Business Forum yang merupakan bagian dari The Third Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF) yang diinisiasi oleh Chamber of Commerce Committee Tiongkok.

BRF bertujuan menjalin kolaborasi dunia internasional yang meliputi konsultasi ekstensif, kontribusi bersama yang menguntungkan, menjalin kerja sama terbuka, hijau, bersih, dan berstandar tinggi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill