Connect With Us

Begini Perjalanan PLN dari Perusahaan Berbasis Manual Jadi Serba Digital

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 29 September 2023 | 05:34

Penyerahan piagam penghargaan kepada PLN sebagai perusahaan berpengaruh di bidang komunikasi oleh Chief Executive Officer NoLimit Aqsath Rasyid Naradhipa (kiri) kepada Manajer Strategi Komunikasi PLN Richardus Sigit Pandhu Kusumawardana mewakili Direktur (@TangerangNews.com / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- Dalam rangka menjawab tantangan perubahan zaman dan disrupsi teknologi, PT PLN (Persero) terus menggencarkan tranformasi digital.

Upaya digitalisasi dalam proses bisnis hingga ke layanan PLN itu pun dinilai semakin memudahkan masyarakat sehingga mendapatkan apresiasi, salah satunya dalam puncak perayaan acara SEWINDU PR Indonesia.

“Selama 3,5 tahun terakhir PLN bertransformasi dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik, effort ini pun kembali mendapatkan apresiasi," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Jumat, 29 September 2023.

Keputusan memberikan penghargaan kepada PLN diambil usai PR Indonesia bekerja sama dengan NoLimit melakukan media monitoring terhadap lebih dari 15 ribu media online dan media sosial menggunakan teknologi big data.

"Penghargaan ini ditujukan untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras dan memberikan dedikasi luar biasa bagi perusahaan," imbuh Darmawan.

Seperti diketahui, PLN merupakan perusahaan dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta, sehingga dituntut harus menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

Darmawan membeberkan, dahulu PLN masih menerapkan proses yang sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. 

Hal ini mengakibatkan seluruh proses bisnis berjalan lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. 

"Maka dari itu, kami respons dengan melakukan transformasi dengan basis digitalisasi," ungkap Darmawan.

Menurutnya, hasil nyata dari transformasi digital ialah lahirnya aplikasi PLN Mobile versi terbaru.

Pasalnya, versi lama PLN saat diluncurkan hanya dipasang oleh 500 ribu pengguna dengan rating terbilang sangat rendah, yakni 2,5 dari skala 5.

Setelah melakukan transformasi digital, PLN Mobile versi terbaru pun mendapat respon positif dari pengguna, dibuktikan dengan jumlah unduhan mencapai 44 juta pengguna dan rating nyaris sempurna mencapai 4,8 dari skala 5. 

"Hal ini menjadi bukti nyata transformasi yang dilakukan PLN telah menjelma menjadi salah satu perusahaan pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia," tutup Darmawan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TANGSEL
Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Senin, 29 April 2024 | 14:54

Seorang pemotor tewas di tempat usai menabrak dump truk yang sedang parkir di pinggir Jalan Raya Taman Tekno Widya, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

SPORT
Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Senin, 29 April 2024 | 19:50

Pemerintah Provinsi Banten turut menggelar nonton bersama (nobar) laga semi final Piala Asia U-23, antara Timnas Indonesia kontra Uzbekistan, Senin 29 April 2024, malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill