Connect With Us

5 Ayat Al-Qur’an Pilihan untuk Tadabbur Harian

Tim TangerangNews.com | Rabu, 27 April 2022 | 12:33

Ilustrasi Kitab Suci Al-Qur’an. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Deskripsi: Selain membacanya secara rutin, umat mukmin juga wajib memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an karena ini adalah cahaya dan petunjuk dalam mengarungi kehidupan.

Sebagai umat Islam kita tentunya paham benar bahwa setiap ayat Al-Qur’an mengandung kebaikan, hikmah, dan ibrah (pelajaran) yang luar biasa. Tak heran jika tadarus dan tadabbur Al-Qur’an menjadi salah satu ibadah utama bagi umat Islam. Rasulullah saw bersabda:

”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

Dari hadits di atas dapat kita simpulkan bahwa kewajiban kita sebagai muslim yang baik tak hanya berhenti kepada ibadah membaca Al-Qur’an saja, namun juga merenungi maknanya. 

Dengan begitu kita akan dapat mengambil pelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari demi meraih ridho-Nya. Inilah yang disebut dengan tadabbur Qur’an.

Lalu bagaimana cara memahami makna dari ayat-ayat yang merupakan firman Allah Swt? Terlebih lagi bagi mereka yang awam dan tak pernah mendapatkan pelajaran yang berkaitan dengan memahami Al-Qur’an secara formal. 

Yang pertama kita bisa mengikuti kajian oleh ulama yang kompeten atau ahli tafsir. Namun untuk yang tidak mempunyai banyak waktu, website TafsirWeb bisa menjadi alternatif praktis untuk membantu aktivitas tadabbur harian. 

TafsirWeb sendiri menyajikan beberapa jenis tafsir, antara lain dari Kemenag RI, Kementerian Agama Saudi Arabia, dan tafsir dari para mufassir (ahli tafsir) Al-Qur’an terkemuka.

Untuk menggunakannya sangat mudah, tinggal akses saja website TafsirWeb, lalu untuk mendapatkan informasi tafsir ayat pilihan, silakan klik pada nomor ayatnya. Berikut 5 contoh ayat pilihan sebagai bahan tadabbur dalam keseharian.

1. Surat al-Hujurat Ayat 10-12. Kedua ayat ini menegaskan bahwa orang-orang mukmin sejatinya adalah saudara karena memiliki agama dan akidah yang sama. Karena itu sesama umat mukmin seharusnya berdamai. Jika ada yang bertentangan (berselisih) di antara sesama umat islam, seyogyanya ada yang berlaku sebagai penengah. 

Dengan demikian akan tercurah rahmat dari-Nya dan Allah Swt akan menolong umat-Nya dalam menciptakan perdamaian.

2. Surat Al-Baqarah Ayat 185. Ada beberapa poin penting yang tercantum dalam ayat ini. Pertama, adalah malam turunnya Al-Qur’an di Bulan Ramadhan atau Lailatul Qadar sebagai petunjuk bagi umat manusia. Di dalamnya termuat dengan jelas mana yang benar dan mana yang batil dalam pandangan Islam.

Kedua, adalah mengenai perintah berpuasa bagi mukmin yang sehat, sementara bagi orang mukmin yang sakit atau musafir tidak wajib berpuasa. Namun mereka wajib mengganti (qadha) pada bulan yang lain sesuai dengan jumlah hari mereka tidak berpuasa. 

Ini merupakan keringanan dari Allah Swt yang menghendaki kemudahan bagi hamba-Nya.

Selanjutnya Allah Swt juga memerintahkan untuk mengakhiri ibadah puasa di hari raya Idul Fitri dengan bertakbir memuliakan nama-Nya serta memuji-Nya. Semua ini sebagai bentuk rasa syukur atas hidayah dan taufik-Nya yang tercurah bagi seluruh mukmin.

3. Surat at-Taubah Ayat 128-129. Ayat ini mengabarkan tentang kedatangan Rasul Muhammad saw yang berasal dari bangsa Arab. Betapa Rasul sangat menginginkan seluruh umatnya mendapat hidayah untuk beriman sehingga terbebas dari siksa neraka. 

Ia adalah seseorang yang memiliki sifat lembut, penyayang, dan penyantun kepada orang-orang yang beriman. Rasulullah turut merasakan penderitaan umatnya, karena begitu besar kepeduliannya. 

4. Surat Yunus Ayat 40-41. Di sini Allah Swt berfirman bahwa bahwa ada dua golongan kaum. Yaitu kaum yang mempercayai Al-Qur’an (beriman), dan kaum yang ingkar hingga akhir hayatnya. 

Di hari akhir nanti mereka akan dibangkitkan dengan keingkarannya itu dan Allah akan memberikan balasan berupa siksaan yang begitu keras. Ini juga termasuk balasan kepada orang-orang yang berbuat kerusakan dan zhalim.

5. Surat Al-Baqarah Ayat 183. Kepada orang-orang yang beriman kepada Allah Swt dan Rasul-Nya, Dia memerintahkan untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada kaum-kaum terdahulu. 

Sesungguhnya puasa akan menumbuhkan takwa kepada Allah Swt, sekaligus menjadi tameng dari azab-Nya yang pedih.

Begitu luar biasa hikmah yang akan kita dapatkan dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai bagian dari gaya hidup dengan tadarus dan tadabbur.  Kita dapat memulainya dengan menghayati dan merenungkan makna ayat-ayat Al-Qur’an tentang kehidupan sehari-hari, yang terdekat dengan kita. 

Apalagi fasilitas untuk menjalankan ibadah ini semakin banyak tersedia, termasuk dengan website TafsirWeb.

PROPERTI
Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Selasa, 21 Mei 2024 | 22:45

PT Infiniti Triniti Jaya, melalui Perumahan Mulia Gading Kencana (MGK) di Serang, Banten, meraih dua penghargaan properti bergengsi di Indonesia.

KAB. TANGERANG
Lewat Si Cepot, Pemkab Tangerang Sosialisasikan Pembayaran PBB Digital 

Lewat Si Cepot, Pemkab Tangerang Sosialisasikan Pembayaran PBB Digital 

Selasa, 21 Mei 2024 | 20:30

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menggelar sosialisasi sistem informasi cetak PBB online terpadu (Si Cepot) serta pembayaran PBB melalui QRIS di Aula Kantor Kecamatan Tigaraksa pada Selasa, 21 Mei 2024.

HIBURAN
Cuma di Indonesia, Biduan Dangdut Bisa Jadi Tenaga Honorer Titipan Kementerian Digaji Rp4,3 Juta Per Bulan 

Cuma di Indonesia, Biduan Dangdut Bisa Jadi Tenaga Honorer Titipan Kementerian Digaji Rp4,3 Juta Per Bulan 

Selasa, 21 Mei 2024 | 12:38

Keterangan mengejutkan terjadi di sidang terdakwa Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill