Connect With Us

Atasi Dampak Kemarau Ekstrem, Tim Ahli UAI Bantu Konservasi Air Warga Cibeureum Cianjur

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 23 Oktober 2023 | 23:37

Tim Ahli Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) membantu konservasi air warga Cibeureum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa 24 Okber 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Musim Kemarau panjang membuat banyak kawasan di Tanah Air mengalami kekeringan. Hal ini salah satunya terasa di kawasan Cibeureum, Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat, yang secara umum bercuaca sejuk dan memiliki banyak sumber air. 

"Sekarang kemaraunya benar-benar tidak dikira akan seperti ini, kering. Warga kurang antisipasi, karena biasanya kan air melimpah di sini. Sekarang sih repot,’’ kata Donny Herdyana, Camat Pacet.               

Untung, kata Donny, sejak beberapa waktu lalu Cibeureum kedatangan Nita Noriko dan kawan-kawan dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang berbagi program konservasi air.

Warga disadarkan tentang pentingnya mengelola air dari sumber yang tersedia, sekaligus dibantu fasilitas sederhana berupa penampungan atau embung.

"Idenya mungkin sederhana, tapi warga perlu disadarkan dan diajak kerjasama. Kami dari kampus, dengan bantuan biaya program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat dari Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud, akhirnya bisa turut mengajak warga melakukan konservasi air," kata Nita Noriko, Ahli Konservasi Tanah dari UAI.

Sebelumnya, kata Nita, petani di Cibeureum dan Sukanagalih pada umumnya kurang memanfaatkan kegiatan konservasi. Air bersih dari mata air dibiarkan mengalir sesuai pola geografis dan gravitasi. 

"Air kemudian turun bercampur dengan selokan yang dipenuhi sampah lingkungan, dan sisanya menuju sungai. Ketika kemarau ekstrem datang, kekeringan jadi tidak bisa dihindari. Para petani tidak mengira akan seperti ini," tutur Nita.

Nita yang merupakan Doktor di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, melaksanakan kegiatan ini sejak Maret 2023, bersama para dosen dari berbagai program studi, seperti Risa Swandari Wijihastuti dari Prodi Biologi, Alma Mandjusri dari Ilmu Komunikasi dan Liana Mailani dari Psikologi. 

Tim dari UAI ini, bersinergi dengan tokoh setempat memberikan bimbingan kepada para petani mulai dari konservasi tanah dan air, pelatihan enterpreneur, hingga keterampilan pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial.

"Pendekatan utama kami memang pemberdayaan ekologi. Tapi kami juga berusaha datang dengan kegiatan-kegiatan sharing, untuk mendorong kemungkinan masyarakat mengembangkan potensi sumberdaya lokal, baik manusianya maupun alamnya untuk perbaikan ekonomi," kata Alma Mandjusri dari Prodi Ilmu Komunikasi.  

Untuk memastikan masyarakat mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan ini, para dosen dan mahasiswa UAI bergotong royong dengan Kelompok Tani Kampung Cibeureum, membuat kolam penampungan (embung) berukuran  7x3,5 meter dengan kedalaman 3 meter.

Penampungan ini dipastikan mampu menahan longsor karena dilapisi paranet dan bamboo sebagai penahan.

"Sudah ada setidaknya tiga embung. Alhamdulillah, para petani dapat mengalirkan air ke lahan-lahan pertanian yang lokasinya lebih tinggi dengan bantuan pompa air," kata Risa Swandari.

Donny mengakui, keberadaan embung dan kolam memberikan dampak positif bagi para petani di kampung Cibeureum. Dalam keadaan musim kemarau ekstrim petani mendapatkan peningkatan hasil pertanian mencapai 80%.

Sebagai contoh ketika musim hujan dalam 1 pohon timun dihasilkan 2,5 kg timun, sedangkan pada musim kemarau ekstrim dapat mencapai 2 kg.

"Program ini sangat baik. Kami sangat berterima kasih kepada para dosen UAI dan Kemendikbud, ya. Saya kira ini bisa menjadi percontohan untuk kampung atau desa-desa lain yang situasinya sama," kata Donny.

Tak kalah menarik, dosen-dosen ini juga juga menggelar kegiatan psikososial dan berbagi pengelaman tentang komunikasi pemasaran.

Pendekatan-pendekatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan peningkatan jiwa entrepreneur dan kreativitas dengan mendatangkan dosen-dosen lain dari psikologi dan komunikasi.

Liana dari Prodi Psikologi berharap, masyarakat bisa lebih siap secara psikologis ketika menghadapi situasi sulit seperti kekeringan, dan tetap berpikir kreatif.

"Karena rata-rata juga sudah akrab dengan gawai misalnya, kita juga mendorong pemanfaatan teknologi informasi ini, untuk kepentingan yang lebih luar terkait dengan sumber daya local. Misalnya memasarkan hasil pertanian dan perkebunan. Semoga bermanfaat," katanya. 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill