Connect With Us

PLN Klaim Sistem Kelistrikan di IKN Nusantara Terbaik di Dunia 

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 4 November 2023 | 00:41

99 Chief Executive Officer (CEO) bisnis mengunjungi IKN Nusantara bersama Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari rangkaian Kompas100 CEO Forum 2023, Kamis, 02 November 2023. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebut sistem kelistrikan yang ada di IKN Nusantara bakal menjadi yang paling mutakhir dan akan dibanggakan oleh Indonesia.

"Sistem kelistrikan IKN adalah yang terbaik di dunia," ujar Darmawan saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama 99 Chief Executive Officer (CEO) bisnis mengunjungi IKN Nusantara, Kamis, 02 November 2023.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat pembangunan IKN yang menjadi bagian dari rangkaian Kompas100 CEO Forum 2023.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan pembangunan IKN mengusung konsep kota hutan atau forest city yang hijau dan ramah lingkungan. 

Darmawan menjelaskan, penyediaan kelistrikan di IKN akan memanfaatkan potensi energi baru dan terbarukan (EBT) sebagai sumber energi ibu kota negara.

Selain itu, pihaknya juga akan menggunakan tenaga surya sekaligus dikolaborasikan dengan potensi hidro di sekitar IKN, yakni sungai dan danau.

PLN, kata Darmawan, mengusung konsep state of the art of technology, yakni sistem kelistrikan IKN yang green, smart berbasis Artificial Intelligence (AI), dan beautiful.

Tahap awalnya, lanjut Darmawan, PLN tengah membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 50 Megawatt (MW). 

“Kebutuhan listrik untuk Agustus 2024 sekitar 34 MW. Dan kami bangun PLTS 50 MW," ungkap Darmawan.

Untuk jangka panjang, PLN bersama Otoritas IKN juga telah memetakan seluruh potensi hidro yang ada di sekitar IKN guna menjamin kebutuhan listrik yang meningkat hingga 1.000 MW pada 2030.

"Jadi artinya, kami membangun suatu ekositem yang green untuk IKN,” imbuh Darmawan.

Keandalan sistem kelistrikan PLN juga akan diatur dan diamankan menggunakan teknologi canggih berbasis AI.

Seluruh jaringan listrik yang dibangun akan menggunakan smart meter, sehingga akan terdapat juga fiber optic internet.

"Dengan demikian, IKN akan menjadi smart city tercanggih, terbaik di dunia dan menjadi kebanggaan kita semua," tutur Darmawan.

Terkait estetika, gardu induk dan seluruh jaringan listrik mulai dari jaringan transmisi hingga distribusi juga akan tersembunyi di bawah tanah sesuai permintaan dari Presiden Jokowi.

"Pilot project sebelumnya Istana Kepresidenan Jakarta, dan kemudian kami akan lakukan hal yang lebih canggih di IKN ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, 9) CEO yang memiliki bisnis di Indonesia ke IKN mengunjungi beberapa lokasi, antara lain Persemaian Mentawir, Istana Presiden, Hunian Pekerja Konstruksi, dan Kawasan Glamping IKN. 

Kunjungan tersebut juga dihadiri sejumlah pihak terkait yakni, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Komisaris Utama PLN Agus Martowardojo, dan Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto. 

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Bikin Resah, 16 PMKS di Kabupaten Tangerang Dirazia Satpol PP

Bikin Resah, 16 PMKS di Kabupaten Tangerang Dirazia Satpol PP

Selasa, 30 April 2024 | 18:28

Sebanyak 16 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang kerap berkeliaran di wilayah Kabupaten Tangerang dirazia aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

NASIONAL
Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Rabu, 1 Mei 2024 | 08:04

Sebanyak 3.454 personel personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah massa dari kalangan buruh dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill