Connect With Us

Wuih, Piala Dunia U-17 di Indonesia Tanpa Mati Listrik 

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 3 Desember 2023 | 20:35

PLN menyediakan pasokan listrik andal dalam Piala Dunia U-17 (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Ajang bergengsi Piala Dunia U-17 telah rampung digelar pada Sabtu, 02 Desember 2023. Dalam pertandingan final, Jerman berhasil mengalahkan Prancis di Stadion Manahan Solo.

Menariknya, gelaran pertandingan resmi dari federasi sepak bola dunia (FIFA) ini berlangsung tanpa adanya mati listrik hingga selesai (zero down time).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN menyediakan pasokan listrik sebanyak lima lapis dalam gelaran Piala Dunia U-17.

Pasokan listrik tersebut disediakan mulai dari tahap penyisihan hingga babak final yang berlangsung di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Solo. 

Kata Darmawan, hal itu dilakukan agar ke depannya semakin dilirik menjadi tempat digelarnya ajang-ajang olahraga lingkup Internasional.

Tak kurang dari 900 personel diterjunkan di 4 kota penyelenggara dilengkapi dengan peralatan pendukung berupa 31 Uninterruptible Power Supply (UPS), 25 Genset dan 19 Unit Gardu Bergerak (UGB).

General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Mohammad Soffin Hadi menyampaikan, partai final Piala Dunia U-17 PLN melakukan skema pengamanan listrik 5 lapis, di antaranya tiga sumber penyulang kelistrikan, UPS, dan genset sebagai lapisan terakhir.

“Kami bersyukur acara final berlangsung dengan meriah dengan listrik yang andal meskipun hujan turun hampir di sepanjang pertandingan final," ucap Soffin dalam keterangannya.

Selain itu, PLN menempatkan Mobile Electricity Distribution Command Post sebagai posko kendali untuk mengawasi area Stadion Manahan dengan seluas 170.000 meter persegi tersebut.

Lanjut Soffin, posko bertujuan untuk memantau seluruh kegiatan operasi kelistrikan dari hulu hingga stadion utama dan lapangan latihan. 

"Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari gelaran akbar yang menjadi wajah Indonesia di mata dunia ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, Stadion Manahan Solo menggunakan lampu LED yang berkekuatan tinggi dengan sistem penerangan Field Of Play (FOP) 1.500 lux dan dapat dioptimalkan hingga sebesar 2.400 lux. 

Dalam kegiatan kelas dunia seperti Piala Dunia U-17, operasional stadion membutuhkan daya kelistrikan sebesar 3.580 kilowatt. 

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill