Connect With Us

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Bahaya Tidur Terlalu Lama

Fahrul Dwi Putra | Senin, 26 Februari 2024 | 06:56

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com- Tidur merupakan upaya tubuh mengistirahatkan diri dan menjadi peran vital dalam menjaga kesehatan setelah beraktivitas seharian.

Meski demikian, ada bahaya yang perlu disadari ketika kebiasaan tidur terlalu lama atau berlebihan menjadi bagian dari hidup.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan dari tidur terlalu lama seperti dilansir dari kanal YouTube HaloSehat, Senin, 26 Februari 2024.

1. Hypersomnia dan Ketidaksegaran

Tidur berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai Hypersomnia. Orang yang mengalami ini seringkali merasa tidak segar setelah tidur, bahkan jika mereka tidur sepanjang hari.

2. Gejala Mental yang Mengkhawatirkan

Hypersomnia tidak hanya terbatas pada fisik. Gejala mental seperti kecemasan, gelisah, dan bahkan kehilangan nafsu makan dapat muncul, memberikan dampak negatif pada kesejahteraan psikologis.

3. Penyebab Underlying

Tidur berlebihan bisa menjadi indikator adanya masalah yang lebih dalam, seperti disfungsi sistem saraf otonom, penyalahgunaan narkoba, atau kondisi mental seperti depresi.

4. Dampak pada Kesehatan Fisik

Bahaya tidur berlebihan tidak hanya bersifat mental, tapi juga dapat berdampak fisik. Mulai dari kegelisahan, energi yang berkurang, sakit kepala, hingga masalah berat badan dan diabetes.

5. Hubungan dengan Penyakit Serius

Kondisi tidur berlebihan juga bisa terkait dengan masalah kesehatan serius, seperti masalah tiroid, penyakit jantung, sleep apnea, dan kondisi medis lainnya yang memerlukan perhatian khusus.

Untuk menghindari risiko tersebut, langkah-langkah sederhana dapat diambil, yakni mengatur jadwal tidur dengan konsisten, buat lingkungan tidur yang nyaman, hindari penggunaan elektronik sebelum tidur, dan terapkan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur serta membatasi konsumsi kafein.

KOTA TANGERANG
PKL Ditertibkan, Pemkot Tangerang Bakal Fungsikan Kembali Irigasi Kali Sipon

PKL Ditertibkan, Pemkot Tangerang Bakal Fungsikan Kembali Irigasi Kali Sipon

Senin, 22 April 2024 | 18:27

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja memulai proses penataan Pasar Sipon Cipondoh, dengan penertiban pedagang kali lima (PKL) di sepanjang Jalan Irigasi Sipon, mulai 22-23 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BISNIS
Cara Membangun Personal Branding di TikTok Menurut Pakar 

Cara Membangun Personal Branding di TikTok Menurut Pakar 

Sabtu, 20 April 2024 | 22:07

Personal branding saat ini merupakan elemen krusial dalam strategi pemasaran, terutama di era media digital.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill