Connect With Us

PLN Nyalakan Gratis 2.920 Listrik Warga Miskin Sepanjang Maret 2024

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 17 Maret 2024 | 13:46

PLN sambung listrik gratis melalui program Light Up the Dream. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- PLN (Persero) telah melalui program "Light Up the Dream" (Listrik untuk Nyalakan Mimpi), yang didanai oleh donasi dari para pegawainya telah memberikan sambungan listrik gratis kepada keluarga prasejahtera, sekaligus sebagai momen berbagi kebahagiaan Ramadan 1445 H. 

Pada Maret 2024, sebanyak 2.920 rumah keluarga prasejahtera diberikan sambungan listrik secara serentak.

Sejak 2020, program ini telah berhasil memberikan sambungan listrik gratis kepada total 20.942 keluarga prasejahtera di seluruh Indonesia. 

Meliputi regional Sumatera-Kalimantan dengan 6.612 keluarga, regional Jawa-Madura-Bali 5.869 keluarga, dan regional Sulawesi-Maluku-Papua-Nusa Tenggara 8.461 keluarga.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa program "Light Up the Dream" merupakan bukti nyata komitmen PLN dalam mewujudkan energi berkeadilan dan pemerataan akses listrik. 

Program ini merupakan inisiatif pegawai PLN yang menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu keluarga prasejahtera mendapatkan akses listrik secara gratis.

"Artinya, karyawan PLN untuk mewujudkan mimpi masyarakat yang belum mampu untuk menikmati listrik dari PLN," ujar Darmawan.

Darmawan berharap program ini dapat mendukung upaya pemerintah meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) di Indonesia serta mendorong perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menambahkan bahwa program ini memberikan harapan baru bagi masyarakat prasejahtera yang belum memiliki akses listrik. 

Dana untuk program ini berasal dari para pegawai dan mitra kerja PLN serta pihak lain yang peduli.

Program ini telah membawa dampak positif bagi mitra kerja dan para stakeholder yang turut menyumbangkan dana untuk membantu warga kurang mampu yang belum memiliki akses listrik. 

PLN berharap bahwa program ini dapat menjadi contoh bagi instansi lain untuk melakukan hal serupa.

Wagiran, seorang kuli bangunan dari Muara Bungo, Jambi, bersama istri dan lima anaknya, merasa sangat terbantu dengan program ini. 

Sebelumnya, mereka bergantung pada listrik yang disalurkan dari rumah tetangga selama tiga tahun karena kesulitan mendapatkan akses listrik sendiri.

Hal senada diungkapkan Suryani dari Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, dirinya juga bersyukur atas bantuan ini, karena keluarganya yang tidak memiliki akses listrik selama bertahun-tahun kini dapat menikmati listrik sendiri.

Sementara itu, Suprihartini, seorang buruh tani dari Gunungan, Kabupaten Magetan, merasa bahagia dengan bantuan pasang listrik baru secara gratis, yang sebelumnya tidak mampu dia lakukan sendiri. Sebelumnya, ia bergantung pada listrik tetangga karena keterbatasan finansial.

"Alhamdulillah sekali sekarang sudah mendapat listrik sendiri, terima kasih PLN," pungkasnya.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill