Connect With Us

Catat, Ini Titik Lokasi SPKLU di Jalur Tol Trans Sumatera

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 9 April 2024 | 21:59

Salah satu SPKLU di jalur Tol Trans Sumatera. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) telah menyiapkan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia untuk periode mudik Lebaran tahun 2024. 

Di jalur Tol Trans Sumatra, PLN menyiapkan 39 unit SPKLU di kedua ruas jalan tersebut.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, menjelaskan, PLN telah memetakan sebaran SPKLU secara nasional, termasuk di jalur Tol Trans Sumatra, dengan jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 kilometer. 

Hal ini memastikan bahwa mobil listrik dengan kapasitas baterai paling kecil sebesar 39 kWh memiliki jarak tempuh yang mencukupi hingga 300 kilometer.

"Mudik dengan mobil listrik sangat aman karena rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km," ungkap Darmawan setelah melakukan pengecekan SPKLU di rest area km 626 B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Sabtu, 6 April 2024.

Fitur baru pada Aplikasi PLN Mobile, seperti Trip Planner, memberikan kemudahan bagi pemudik yang ingin menggunakan kendaraan listrik. 

Melalui fitur ini, pemudik dapat merencanakan rute perjalanan dan mendapatkan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui.

Secara rinci, di Provinsi Lampung terdapat 27 unit SPKLU yang tersebar pada 17 rest area jalan Tol, di antaranya Rest area km 20 A, km 20 B, km 33 A, km 33 B, km 49 A, km 49 B, km 67 A, km 67 B, km 87 A, km 87 B, km 116 A, km 116 B, km 163 A, km 172 B, km 208 A, km 215 B, dan km 234 A. 

 Sedangkan di Provinsi Sumatera Selatan, terdapat 12 unit SPKLU yang tersebar pada 6 rest area jalan Tol, yakni km 56 A, km 56 B, km 269 B, km 277 A, km 306 B dan km 311 A.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung Sugeng Widodo menyatakan, sebagian besar SPKLU di Lampung telah berhasil dioperasikan untuk mendukung pemudik selama mudik Lebaran. 

Hal ini juga sebagai bentuk partisipasi PLN dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) Adhi Herlambang memastikan, seluruh SPKLU di wilayah kerjanya dalam kondisi prima. 

"Salah satunya SPKLU Rest Area km 311 A tol Kayu Agung - Bakaheuni, untuk memastikan infrastruktur kami dalam kondisi prima dan siap mendukung kelancaran aktivitas mudik bagi para pengguna kendaraan listrik," kata Adhi saat pengecekan kesiapan posko SPKLU di Rest Area km 311 A tol Kayuagung - Bakaheuni.

PLN juga menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

TANGSEL
Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 12:08

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel tahun 2024, tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Namun sejauh ini, belum tampak ada tanda-tanda kandidat penantang sang petahana, Benyamin Davnie.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill