Connect With Us

Di Pesta KPR 2023 SMS Tangerang Raditya Dika Beberkan Cara Miliki Rumah di Usia Muda

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 23 Juli 2023 | 19:12

Komik Raditya Dika menjadi pembicara di Pesta KPR 2023 Summarecon Mal Serpong Tangerang, Minggu 23 Juli 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Komika Raditya Dika membagikan pengalamannya cara memiliki rumah di usia muda kepada para pengunjung event Pesta KPR Sumamrecon Serpong 2023 di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kabupaten Tangerang, Minggu 23 Juli 2023.

Ia mengaku sejak usia 20 tahunan sudah memikirkan cara untuk membeli rumah dengan membuat perencanaan keuangan.

Di awal karir, ia masih bekerja sebagai wartawan dengan gaji sebesar Rp3,7 jutaan. Kemudian menyisihkan gajinya pelan-pelan.

"Awalnya cuma menghayal saja, lalu tulis planning keuangan. Memang setiap orang punya kemampuan keuangan dan privilege yang berbeda, tapi caranya tetap sama, punya planning," jelasnya.

Setelah membuat perencanan, kemudian harus memikirkan untuk memiliki penghasilan tambahan. Hal ini agar tidak mengandalkan gaji saja, sehingga dana yang ditabung untuk membeli rumah bisa lebih besar.

Untuk jumlah persentase yang disisihkan, menurut Dika tergantung dari kemampuan masing-masing orang.

"Dulu saya pikir idealnya 30 persen. Tapi dengan gaji Rp3,7 juta ternyata tidak bisa, cuma sanggup sisihkan 10 persen. Nah setelah itu buku saya laku, dijadikan film dan box office, sampai dapat bonus dari produser. Yang bisa saya tabung bahkan sampai 90 persen," jelas penulis buku Kambing Jantan ini.

Selain itu, ia mengingatkan untuk sering mencatat pengeluaran bulanan, agar bisa tahu digunakan untuk apa saja dan mengontrolnya.

"Kemudian sisihkan dulu untuk tabungan di awal, baru bayar keperluan lain-lain di akhir. Jangan terbalik, sisa dari bayar keperluan buat ditabung," terang Dika.

Setelah melakukan semua hal tersebut, diusia 28 tahun, Raditya Dika akhirnya memiliki rumah pertamanya dengan luas sekitar 150 meter persegi. 

"Intinya sejak usia muda, punya mindset pengelolaan keuangan sangatlah penting. Kalau tidak begitu, rumah impian ataupun target capaian hidup lainnya, tidak akan pernah tercapai," tegasnya.

Dika menambahkan yang terpenting alam membeli rumah juga harus sesuai kebutuhan dan fungsinya. Jangan sampai membeli rumah hanya untuk mengesankan orang lain.

Disamping itu, perhatikan juga lingkungan tempat tinggal, seperti fasilitas penunjang, tetangga, sampai ruangan di rumah yang bisa fleksibel dimanfaatkan. 

"Untuk itu, manfaatkan Pesta KPR ini, tanya-tanya ke depelovernya, ke perbankannya, yang pas dan cocok itu seperti apa. Karena rumah impian saya belum tentu jadi rumah impian kamu," katanya.

Executive Director Summarecon Serpong Magdalena Julianti mengatakan, Pesta KPR 2023 ini digelar selama 21-30 Juli 2023, diikuti sekitar 11 perusahaan perbankan untuk membiayai pembelian hunian di sekitar wilayah Gading Serpong.

"Pesta KPR 2023 juga menawarkan berbagai promo untuk pembeli, seperti bunga fix 3% selama dua tahun. Selain itu, juga pengunjung bisa menikmati kemudahan pengakuan karena terdapat promo instansi approve, promo down payment (DP), dan lainnya," jelasnya.

Tak hanya itu, pengunjung bisa berkonsultasi secara langsung dengan perbankan maupun pengembang perumahan terkait rencana pembelian rumah, mulai dari dana yang dimiliki dan akan disesuaikan dengan tipe rumah yang diinginkan.

"Misalnya tadi ada pengunjung yang sudah memiliki dana sekian rupiah, lalu kemampuan mencicilnya sekian rupiah perbulan, ini bisa dikonsultasikan dengan perbankan dan pengembang kira-kira mana yang cocok," jelasnya.

Sementara itu, Liu Yanto Chandra, Head of Marketing Summarecon Serpong menuturkan, pihaknya menargetkan penjualan pada Pesta KPR 2023 tersebut sebanyak Rp100 miliar selama 10 hari digelar. Sampai saat ini, tercatat sudah ada penjualan Rp8 miliar dari berbagai tipe hunian.

"Pesta KPR 2023 ini menyumbang sekitar 5-10 persen target penjualan tahunan," tuturnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

BANTEN
Cara Pasang Listrik Sementara Pakai Aplikasi PLN Mobile, Bisa Untuk Acara Hajatan 

Cara Pasang Listrik Sementara Pakai Aplikasi PLN Mobile, Bisa Untuk Acara Hajatan 

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:37

Masyarakat, terutama di Provinsi Banten, tidak perlu khawatir tentang kekurangan kapasitas listrik saat menyelenggarakan acara hajatan atau pesta.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill