Connect With Us

Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 25 April 2024 | 21:09

Kejuaraan Gateball Nasional 2024 digelar di Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini adalah Kejuaraan Gateball 2024 yang digelar selama tiga hari yakni tanggal 26-28 April 2024, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang

Even ini diadakan Direktorat Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, serta Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi).

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengatakan kejuaran ini memperebutkan total hadiah Rp50 juta yang akan diikuti dari peserta 36 provinsi se-Indonesia.

“Kami mendukung penuh perhelatan ini. Terlebih, dengan event seperti ini dapat kian menggairahkan dunia olahraga di Kota Tangerang. Apalagi kejuaraan ini sebagai upaya semakin memperkenalkan olahraga Gateball di Kota Tangerang,” ujarnya, Kamis 25 April 2024.

Kaonang pun menjelaskan, Kejuaraan Gateball dini merupakan kedua kalinya di Kota Tangerang. Pertama kali diadakan pada tahun 2020, bertepatan dengan perayaan HUT ke-27 Kota Tangerang.

Tak hanya itu, cabang olahraga gateball pun kian bersinar setelah meraih juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022.

Maka dari itu, Kaonang mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kota Tangerang untuk mendukung dan menyaksikan Kejuaraan Gateball 2024 tingkat nasional.

"Tentunya ajang ini dapat mendongkrak geliat ekonomi masyarakat lewat sport tourism, sportainment dan sport scienes di Kota Tangerang” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Pergatsi Kota Tangerang Agni Wicaksono menerangkan, Gateball merupakan olahraga dari Jepang yang mirip Hockey dan Polo yang menggunakan stick gateball.

Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas).

Gateball pertama ada di Indonesia pada tahun 1995, sedangkan di Kota Tangerang pada awal tahun 2000an.

"Tentunya beragam perolehan medali pun telah diraih oleh para atlet dari Kota Tangerang, dari mulai Kejurda Provinsi Banten serta Porprov kemarin saat jadi tuan rumah,” terang Agni.

Pada Kejuaraan Gateball 2024 tingkat nasional ini, Kota Tangerang akan mengirimkan 11 atlet pada dua kategori yakni beregu campuran mix dan triple campuran mix yang akan bertanding melawan balai dari 36 provinsi se-Indonesia.

KOTA TANGERANG
Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

KAB. TANGERANG
Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill