Connect With Us

Dinilai Sesuai Tempatkan Posisi Jabatan ASN, Pemkot Tangsel Sabet 2 Penghargaan 

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 7 Desember 2023 | 19:00

Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto memberikan penghargaan kategori Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dalam Anugerah Meritokrasi Tahun 2023, kepada Pemkot Tangsel yang diterima langsung oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, pada Kamis, 07 Desember 2023.

Pemkot Tangsel berhasil meraih indeks 326 dalam Kategori Sistem Merit dan indeks 92 pada Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi atau predikat 'Sangat Baik'.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, raihan ini berhasil diperoleh berkat penataan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dia menjelaskan, Pemkot Tangsel berupaya menempatkan posisi yang tersedia berdasarkan latar belakang dan kemampuan masing-masing ASN.

"Artinya kita sudah sesuai dengan sistem merit itu sendiri," kata Benyamin usai menerima penghargaan langsung dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof. Agus Pramusinto.

Menurutnya, penempatan pegawai ASN sesuai bidang kemampuannya akan berdampak baik terhadap terobosan dan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran.

Tentunya, hal ini akan memberikan manfaat, serta percepatan dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

"Penguatan kebijakan dan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong kinerja kita bersama," tuturnya.

Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto menyampaikan, pelaksanaan Anugerah Meritokrasi ini bertujuan untuk mengawal pengawasan penerapan sistem merit di tengah masa transisi berdasarkan UU No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, yang telah mengubah manajemen ASN secara substansial.

"Perubahan ini termasuk mengalihkan fungsi pengawasan sistem merit dari KASN ke instansi lain," jelasnya.

Kendati begitu, Agus menyatakan pihaknya akan terus mendorong keberadaan fungsi pengawasan sistem merit yang efektif guna menjaga keberlanjutan meritokrasi.

Dalam kesempatan itu, Agus juga berpesan di tahun politik dan agar para ASN waspada terhadap risiko peningkatan pelanggaran netralitas ASN selama tahun politik.

Dikatakan Agus, netralitas yang dimaksud bukan hanya sekadar patuh pada regulasi, melainkan juga menjaga kepercayaan publik terhadap lembaga pemerintahan. 

"ASN harus menghindari politik," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas menyebut setiap instansi diwajibkan untuk memastikan sistem merit berjalan dan diawasi secara optimal dalam setiap kebijakan dan manajemen ASN melalui instrumen yang ada dan melalui digitalisasi.

"Terutama untuk memastikan penataan karier ASN dapat berlangsung profesional," ucapnya.

Azwar berharap, adanya komitmen pimpinan sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk mewujudkan manajemen ASN yang berbasis sistem.

Penerapan sistem merit ini merupakan salah satu bsntuk perwujudan birokrasi berkelas dunia sebagaimana dua prioritas kerja Presiden Joko Widodo, yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan reformasi birokrasi.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill