Connect With Us

Volume Sampah di Tangsel Selama Libur Lebaran Capai 440 Ton Per Hari

Yanto | Rabu, 17 April 2024 | 14:59

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel mengangkut tumpukan sampah yang bertambah pasca libur lebaran, Rabu 17 April 2024. (@TangerangNews / Yanto)

TANGERANGNEWS.com-Selama libur lebaran Idul Fitri 2024, volume sampah di Kota Tangerang Selatan mengalami peningkatan sekitar 10 persen di banding hari biasanya.

Bertambahnya volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang ini mendapat keluhan dari warga, sebab terjadi penumpukan sampai tercium aroma yang tidak sedap.

Seperti yang diutarakan Alwin warga Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu. Ia merasa terganggu dengan bau menyengat tumpukan sampah di TPA Cipeucang. Padahal jarak antara TPA dengan rumahnya cukup jauh.

"Kalau angin kencang bisa (tercium) sampai ke Kademangan. Padahal jaraknya bisa sekitar dua kilometer,"ujarnya, Rabu 17 April 2024.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Tubagus Aprilliadhi menyatakan selama libur lebaran ini memang terjadi peningkatan volume sampah sekitar 10 persen, menjadi total 440 ton per harinya.

"Biasanya di hari biasa kita angkut 400 ton sehari, saat liburan lebaran naik 40 ton. Ini terjadi karena sejumlah hal, seperti pihak swasta yang mengangkut sampah sedang libur, jadi dilempar ke pelayanan publik," jelasnya.

Namun peningkatan volume sampah hanya terjadi sampai libur lebaran selesai. Setelah itu akan berkurang seperti biasa.

"Ini biasa setiap tahun, hanya saat lebaran dan pasca lebaran. Seminggu kemudian akan kembali normal," tambah Tubagus.

Saat ini, pihaknya terus melakukan perapihan pada sampah-sampah yang terus menumpuk di TPA Cipeucang. Ia juga berharap masyarakat sekitar bisa memaklumi tumpukan sampah pasca lebaran tahun ini.

"Memang masih banyak kondisinya. Kalau dibilang parah saya belum bisa bilang, karena memang belum begitu membaca, kalau agak sesak iya," ujarnya.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TANGSEL
KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Jumat, 17 Mei 2024 | 16:06

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill