Connect With Us

Minimarket di Tangsel Tak Berizin Dibongkar

| Jumat, 7 Oktober 2011 | 07:43

Alfamidi di Jalan Mohammad Toha Periuk, Kota Tangerang Dibongkar karena menyalahi aturan. (tangerangnews / tangerangnews/selly)

TANGERANG-Pemkot Tangsel akan melakukan pembongkaran minimarket tak berizin setelah menunggu hasil rapat koordinasi. "Kami masih menunggu hasil rapat koordinasi yang dilakukan BP2T dan Disperindag. Bila ada instruksi, akan kami bongkar," kata Kepala Satpol PP Kota Tangsel, Chaerul Shaleh.
 
 Pernyataan Chaerul terkait minimarket di Kota Tangsel marak yang  belum mengantongi izin mendirikan toko moderen. Izin yang belum dimiliki yakni izin mendirikan bangunan (IMB), izin gangguan (HO), izin zoning, Izin Usaha Toko Modern (IUTM).
 
  Dikatakannya, dari 225 minimarket atau 100 persennya belum mengantongi IUTM. Oleh karena itu  pihaknya menghimbau untuk segera membuat izin.  Namun demikian, lanjutnya, 65-70 persen dari 225 minimarket tersebut sudah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
   
Menurutnya, SIUP yang dimiliki mereka, sudah tidak berlaku semenjak keluarnya PP RI No 112 Tahun 2007 Tentang Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Moderen, serta Permendag No 53/M- DAG/PER/12/2008 Tentang Pedoman Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Moderen.
 
   Chaerul menambahkan, pihaknya juga akan membantu memberikan teguran kepada minimarket tak berizin dengan melayangkan surat hingga tiga kali.

    Hanya saja, saat ini Satpol PP Kota Tangerang Selatan masih menunggu hasil kajian oleh BP2T dan Disperindag mengenai minimarket yang tidak berizin.

    "Bila sudah ada datanya maka akan kami langsung koordinasikan untuk mengambil tindakan karena dinilai telah melanggar aturan," katanya.

    Sementara itu, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), Dadang Sofyan mengatakan, pihaknya belum mengecek berapa minimarket yang tidak berizin.
   
"Kami akan kumpulkan data terlebih dahulu untuk mengetahui minimarket yang belum memiliki izin toko modern," ujarnya. (VAN)
TANGSEL
Jukir Liar Gigit Jari Satpam Sampai Putus di Pondok Aren Tangsel Terancam 5 Tahun Penjara

Jukir Liar Gigit Jari Satpam Sampai Putus di Pondok Aren Tangsel Terancam 5 Tahun Penjara

Jumat, 3 Mei 2024 | 16:00

Iwan Misanto alias Botol, juru parkir (jukir) liar di kawasan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menggigit jari satpam sampai putus karena masalah parkir, telah ditangkap Polisi dan ditetapkan tersangka.

TEKNO
Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:16

Smartphone OPPO tercatat sebagai ponsel yang paling banyak dibeli di Indonesia pada awal tahun 2024.

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill