Connect With Us

APBD 2013 Tangsel Diperkirakan Capai Rp2 Triliun

| Sabtu, 27 Oktober 2012 | 09:14

Sekda Tangsel Dudung E Direja (tangerangnews / dens)

 
TANGERANG-Pemkot Tangsel November 2012 mendatang bakal mengesahkan APBD tahun 2013. Jumlahnya dipastikan meningkat hingga mencapai Rp2 triliun.
 
"Kita sudah serahkan KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara) kepada DPRD dan ditargetkan pada akhir bulan November, APBD 2013 bisa disahkan," kata Sekretaris Daerah kota Tangsel Dudung E Diredja,saat ditemui selepas Salat Idul Adha, di Pamulang, Jumat (26/10).
 
Meningkatnya APBD tahun 2013, menurutnya terjadi akibat grafik pertumbuhan ekonomi di daerah hasil pemekaran Kabupaten Tangerang tersebut.
 
Diketahui, peningkatan terus terjadi sejak tahun 2009 yaitu Rp191,7 miliar dan APBD Perubahan tahun 2012 menjadi Rp1,985 triliun.
 
Oleh karena itu, pihaknya pun meminta kepada seluruh SKPD yang ada untuk dapat memaksimalkan dalam hal penggunaan anggaran.
 
Mengingat APBD Perubahan Tangsel tahun 2012, telah disahkan pertengahan tahun sehingga akan memberikan waktu kepada SKPD untuk melaksanakan kegiatannya. "Pengelolaan keuangan terus kita perbaiki disamping menggenjot pendapatan asli daerah yang terus meningkat setiap tahunnya," kata Dudung.
 
Dudung menambahkan, sektor utama penghasilan dari meningkatnya PAD Tangsel berasal dari sektor perdagangan dan jasa. Disamping itu, Dudung mengatakan kalau sektor pariwisata kini juga terus dikembangkan lantaran bisnis kuliner kian hari terus menjamur di Tangsel.
 
"Kita juga harus akui bila pajak dari sektor BPHTB (Bea Pajak Hak Tanah dan Bangunan) juga turut menjadi penyumbang kas daerah terbesar," tambahnya.
 
Ketua DPRD Kota Tangsel Bambang P Rachmadi memaparkan APBD Perubahan tahun 2012 di Kota Tangsel meningkat hingga Rp30 miliar. Peningkatan ini diketahui usai draft KUA-PPAS diserahkan dan Alokasi terbesar masih tetap digelontorkan untuk perbaikan infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.
 
"Kenaikan Rp30 miliar ini cukup signifikan dengan umur Tangsel yang baru beranjak ke empat tahun dan alokasi terbesar dan prioritas masih untuk perbaikan infrastruktur," terangnya saat jumpa pers di Bintaro.
 
Masih menurut Bambang, dipenghujung tahun lalu telah ditetapkan bahwa APBD 2012 Kota Tangsel mencapai Rp1,5 Triliun. Namun, dalam praktek penggunaanya di APBD 2011 terdapat silpa sebesar Rp430 miliar dan akhirnya dimasukan ke dalam APBD Perubahan 2012.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill