Connect With Us

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Press conference Telkomsel Siaga RAFI 2024, Rabu 27 Maret 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

Trafik tersebut utamanya akan didorong oleh sejumlah peningkatan aktivitas digital masyarakat. Yang terbesar adalah game online dengan jumlah sebesar 40,84%.

Lalu, communications 25,49%, video streaming 22,61%, social media 11,14%, sampai dengan e-commerce 9,17%.

Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus seperti pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya. Kemudian, 57 area transit transportasi seperti bandara, pelabuhan, dan stasiun.

"42 wilayah residensial, 38 jalur mudik termasuk Rest Area dan SPBU, serta 19 kawasan ibadah seperti masjid dan rumah ibadah lainnya," terangnya, Rabu 27 Maret 2024.

Menurutnya, secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini, yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia.

"Hal ini untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024," tutur Saki.

Guna memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband secara andal dan efisien, Telkomsel juga telah mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia.

"Dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI, teknologi ini lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis," ungkap Saki.

Tak hanya itu, Telkomsel juga menyediakan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis se-Indonesia.

Setiap Posko Siaga merupakan pusat layanan komprehensif untuk kebutuhan digital pelanggan, seperti penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite dan pembelian voucher isi ulang. 

Terdapat juga kegiatan interaktif, seperti games, live music, massage chair, hingga phone charging, dihadirkan sebagai sarana untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan pelanggan.

Mengingat pentingnya ketersediaan layanan dalam momen-momen spesial RAFI 2024, Telkomsel memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, dari Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 492 GraPARI dan 582 ATM Self-Service MyGraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

BANDARA
Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Minggu, 16 Juni 2024 | 20:14

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat sekitar wilayah Tangerang, dengan menyalurkan bantuan hewan kurban di momen Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H.

NASIONAL
PLN Pimpin Perkembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia 

PLN Pimpin Perkembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia 

Kamis, 20 Juni 2024 | 15:32

PT PLN (Persero) dipercaya untuk memimpin pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia, yang dinilai pemerintah tidak hanya mempercepat transisi energi tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill