Connect With Us

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Press conference Telkomsel Siaga RAFI 2024, Rabu 27 Maret 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

Trafik tersebut utamanya akan didorong oleh sejumlah peningkatan aktivitas digital masyarakat. Yang terbesar adalah game online dengan jumlah sebesar 40,84%.

Lalu, communications 25,49%, video streaming 22,61%, social media 11,14%, sampai dengan e-commerce 9,17%.

Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus seperti pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya. Kemudian, 57 area transit transportasi seperti bandara, pelabuhan, dan stasiun.

"42 wilayah residensial, 38 jalur mudik termasuk Rest Area dan SPBU, serta 19 kawasan ibadah seperti masjid dan rumah ibadah lainnya," terangnya, Rabu 27 Maret 2024.

Menurutnya, secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini, yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia.

"Hal ini untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024," tutur Saki.

Guna memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband secara andal dan efisien, Telkomsel juga telah mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia.

"Dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI, teknologi ini lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis," ungkap Saki.

Tak hanya itu, Telkomsel juga menyediakan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis se-Indonesia.

Setiap Posko Siaga merupakan pusat layanan komprehensif untuk kebutuhan digital pelanggan, seperti penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite dan pembelian voucher isi ulang. 

Terdapat juga kegiatan interaktif, seperti games, live music, massage chair, hingga phone charging, dihadirkan sebagai sarana untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan pelanggan.

Mengingat pentingnya ketersediaan layanan dalam momen-momen spesial RAFI 2024, Telkomsel memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, dari Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 492 GraPARI dan 582 ATM Self-Service MyGraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill