Connect With Us

Belajar Tentang Sandi Rahasia

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

Mesin Sandi Kryha Standard. (Istimewa / Istimewa)

 

Tak hanya bisa melihat-lihat mesin serta peralatan sandi modern, kita sebagai pengunjung juga bisa, nih, mempelajari tentang cara kerja sederhana sandi dari masa jadul atau jaman dulu. Contohnya, ada Skytale, yakni sandi yang berbentuk gulungan dan digunakan ketika zaman Yunani kuno.

 

 

 

Kemudian, ada juga Cardan Grille, sandi ini bentuknya berupa tulisan panjang dan cara memecahkannya yakni dengan menggunakan kunci khusus yang bentuknya berupa kertas berlubang. Nah, ada sebuah sandi yang amat sangat unik, yaitu sandi tattoo.

 

 

 

Sandi ini asalnya dari tahun 499 sebelum Masehi, yang menggunakan adalah sang tiran Histiaeus berasal dari Yunani. Jadi, ada seorang budak yang disuruh untuk membawa pesan. Pesan ini dikirimkan menggunakan metode khusus supaya musuh tak mengetahuinya. Ditujukan kepada menantunya, Aristagoras, yang tengah berada dalam perang di Persia.

 

 

 

Kepala budak dicukur lebih dulu untuk ditulisi sandi, lalu ditunggu rambutnya sampai tumbuh kembali barulah sandi dikirimkan. Sesampainya di tujuan, budak akan dicukur kembali agar pesannya dapat dibaca.

 

 

 

Lalu, di ruangan terakhir kita bisa memakai komputer yang ada untuk belajar informasi tentang ilmu kriptografi. Ada juga sejumlah games sandi untuk memecahkan sandi vigenere, yakni sistem sandi klasik yang merupakan cikal bakal penyandian modern di dunia. Seru banget, kan?

 

 

Museum Sandi buka hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 WIB dan untuk masuk tidak dipungut biaya, jadi gratis. Tunggu apalagi, coba? Yuk, buruan jalan-jalan ke Museum Sandi. Enggak punya banyak uang untuk jalan-jalan ke Jogja? Kamu bisa hunting tiket di Traveloka.com yang seringkali menawarkan promo menarik.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill