Connect With Us

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran" sekaligus peresmian dan pengoperasian perdana Laboratorium Ilmu Komunikasi Undira, Senin, 4 Maret 2024. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran" dengan mengundang narasumber Director Voice of America (VoA) Jakarta Office Agus Sunarto dan Direktur Pengembangan dan Usaha LPP TVRI masa bakti 2017- 2023 Rini Padmirehatta.

Kegiatan talkshow ini membahas fenomena Gen Z yang semakin meninggalkan televisi, sekaligus peresmian dan pengoperasian perdana Laboratorium Ilmu Komunikasi Undira, Senin, 4 Maret 2024.

Rini Padmirehatta dalam pemaparannya menjelaskan, minat masyarakat Indonesia dengan televisi sebenarnya masih cukup tinggi, meski memang terjadi pergeseran tontonan tayangan pada Gen Z yang cenderung lebih memilih gadget dibanding televisi.

Untuk itu, Rini menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) calon lulusan industri penyiaran dapat menghasilkan konten-konten kreatif dan menarik audiens.

"Mereka butuh pasti konten-konten yang dinamis, yang menarik, tentu saja para kreator ini harus berinovasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan konten yang diminati," papar Rini.

Senada, Agus Sunarto menyebut sebagian besar audiens VoA merupakan anak muda yang kini lebih sering mengonsumsi kontennya melalui internet, website, media sosial dan aplikasi. 

Menurutnya, pergeseran paltform penyiaran konten merupakan suatu keniscayaan, sehingga individu yang bergelut di dunia industri penyiaran harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

Dalam talk show tersebut, sejumlah mahasiswa ikut berpartisipasi mengajukan pertanyaan kepada para narasumber guna mendapatkan gambaran nyata dunia industri penyiaran.

MANCANEGARA
Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Senin, 22 Juli 2024 | 08:50

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai penerusnya.

TEKNO
Awas Disalahgunakan, Cara Tambahkan Watermark pada File Foto KTP 

Awas Disalahgunakan, Cara Tambahkan Watermark pada File Foto KTP 

Rabu, 24 Juli 2024 | 17:35

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan dokumen penting yang sering diperlukan untuk berbagai proses verifikasi.

TANGSEL
Warga Dihantui Runtuhan Batu Flyover Ciputat Tangsel

Warga Dihantui Runtuhan Batu Flyover Ciputat Tangsel

Jumat, 26 Juli 2024 | 17:00

Sejumlah warga dan pengguna jalan mengeluhkan kondisi Flyover Ciputat, di Jalan Ir H. Juanda, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BISNIS
Pelanggan Garuda Indonesia Bisa Dapatkan Paket MCU di RS Mandaya Puri Tangerang

Pelanggan Garuda Indonesia Bisa Dapatkan Paket MCU di RS Mandaya Puri Tangerang

Kamis, 25 Juli 2024 | 20:39

Rumah Sakit Mandaya Royal Puri menjadi rumah sakit pertama yang menjadi partner resmi Garuda Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill