Connect With Us

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran" sekaligus peresmian dan pengoperasian perdana Laboratorium Ilmu Komunikasi Undira, Senin, 4 Maret 2024. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran" dengan mengundang narasumber Director Voice of America (VoA) Jakarta Office Agus Sunarto dan Direktur Pengembangan dan Usaha LPP TVRI masa bakti 2017- 2023 Rini Padmirehatta.

Kegiatan talkshow ini membahas fenomena Gen Z yang semakin meninggalkan televisi, sekaligus peresmian dan pengoperasian perdana Laboratorium Ilmu Komunikasi Undira, Senin, 4 Maret 2024.

Rini Padmirehatta dalam pemaparannya menjelaskan, minat masyarakat Indonesia dengan televisi sebenarnya masih cukup tinggi, meski memang terjadi pergeseran tontonan tayangan pada Gen Z yang cenderung lebih memilih gadget dibanding televisi.

Untuk itu, Rini menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) calon lulusan industri penyiaran dapat menghasilkan konten-konten kreatif dan menarik audiens.

"Mereka butuh pasti konten-konten yang dinamis, yang menarik, tentu saja para kreator ini harus berinovasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan konten yang diminati," papar Rini.

Senada, Agus Sunarto menyebut sebagian besar audiens VoA merupakan anak muda yang kini lebih sering mengonsumsi kontennya melalui internet, website, media sosial dan aplikasi. 

Menurutnya, pergeseran paltform penyiaran konten merupakan suatu keniscayaan, sehingga individu yang bergelut di dunia industri penyiaran harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

Dalam talk show tersebut, sejumlah mahasiswa ikut berpartisipasi mengajukan pertanyaan kepada para narasumber guna mendapatkan gambaran nyata dunia industri penyiaran.

KOTA TANGERANG
Puncak Arus Balik di Terminal Poris Plawad Tangerang Diprediksi Sabtu dan Minggu

Puncak Arus Balik di Terminal Poris Plawad Tangerang Diprediksi Sabtu dan Minggu

Jumat, 12 April 2024 | 23:25

Memasuki H+3 hari raya Lebaran, Jumat 12 April 2024, pemudik yang kembali ke Kota Tangerang di Terminal Poris Plawad terpantau masih sepi.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
PLN Klaim Kelistrikan Nasional Aman Selama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

PLN Klaim Kelistrikan Nasional Aman Selama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

Kamis, 11 April 2024 | 18:30

PT PLN (Persero) mengklaim seluruh sistem kelistrikan di Indonesia aman selama perayaan Idulfitri 1445 Hijriah.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill