Connect With Us

Kemenkes Sebut Dokter Andra Memilih Sendiri Tempat Magangnya

Denny Bagus Irawan | Jumat, 13 November 2015 | 13:45

Jasad dokter muda yang tewas saat menjalankan tugas magang di Kepulauan Aru, Maluku Dionisius Giri Samudra,24, yang akrab disapa dokter Andra tiba di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/11/2015) pagi. (Dira Derby / Tangerangnews)

 

TANGERANG- Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan Usman Sumantri Jumat (13/11/2015) pagi saat menyambut kedatangan jenazah Dionisius Giri Samudra,24, di area Kargo Bandara Soekarno-Hatta menyebut bahwa dokter Andra memilih sendiri tempat magangnya setelah lulus menempuh pendidikan dokter dari Universitas Hasanudin.

“Sistem kita online untuk memilih tempat, itu pilihan Andra ke sana (Kepulauan Aru). Medannya memang cukup berat, tetapi pulaunya memang Indah,” katanya.

Andra magang sejak bulan Mei 2015 adalah RSUD Cendrawasih, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Sebelum meninggal dunia, Andra sempat cuti untuk pulang ke rumahnya di Pamulang, Kota Tangerang Selatan, akhir bulan Oktober 2015.

Cutinya selama seminggu itu menjadi pertemuan terakhir dengan keluarga-nya yang ada di rumah. Adapun sejak magang dari bulan Mei, cutinya kemarin merupakan cutinya yang pertama kali. Saat kembali ke RSUD Cendrawasih, tanggal 4 November 2015, Andra ditemani dua orang teman dokter yang ikut magang di sana.

Untuk menuju ke tempat Andra bertugas, naik pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Pattimura, Ambon, Maluku. Dari Bandara Pattimura, perjalanan dilanjutkan dengan pesawat kecil menuju kota Tual. Dari kota Tual ke Dobo, menggunakan kapal feri yang lama perjalanannya mencapai 12 jam.

Namun, Andra dan temannya ketinggalan kapal feri yang menghubungkan Kota Tual dengan Dobo. Jadwal kapal feri di pelabuhan kota Tual hanya ada hari Rabu dan Jumat, dua hari dalam seminggu. Mereka terpaksa naik kapal barang untuk bisa sampai ke Dobo.

Saat berada di kapal barang itu, Andra demam tinggi. Hingga tiba di Dobo, Andra langsung dirawat di RSUD Cendrawasih dan meninggal pada hari Rabu (11/11/2015) sore.

 

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill