Connect With Us

Ibadah Ditengah Hujan di Rumah Sang Dokter Muda

Denny Bagus Irawan | Kamis, 12 November 2015 | 22:01

Suasana berkabung di rumah duka (tangerangnews.com / Dira Derby)

TANGERANG - Sejumlah sahabat dan keluarga dekat tampak terlihat sedang beribadah di tengah hujan yang mengguyur rumah duka sang dokter muda Dionisius Giri Samudra yang berlokasi di Jalan Cempaka B6 No.5 Kompleks Mahkamah Agung, Pamulang, Kota Tangsel sekitar pukul 20.35 WIB, Kamis (12/11).

Rumah bercat putih dengan list cokelat yang berukuran sederhana tersebut terlihat sudah dipasangi tenda yang telah dilengkapi juga kursi plastik hijau.

Sejumlah bunga sebagai ucapan duka cita terlihat berjejer di sepanjang jalan menunju kediaman Andra. Salah satunya adalah dari Kepulauan Aru dan dari Ikatan Dokter Indonesia.

Dokter Andra begitu biasa sang dokter biasa disapa. Dia meninggal setelah sakit pada saat tengah menjalani magang di wilayah Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku pada Rabu (11/10). 

"Tuhan telah mengambil Andra, " ujar Fransisca Ristansiah,50, ibu Andra seusai prosesi ibadah dihadapan keluarga dan tekan korban seraya menahan tangis. 

Kepergian Andra yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Fransisca dan Agustinus Mujianto untuk selamanya tak disangka-sangka oleh keluarga. Sebab,  ketika dia berangkat kembali untuk magang di sana setelah sempat libur seminggu pada 4 Novembet 2015 lalu sama sekali tak menunjukan dia sakit.

"Bahkan pada hari Minggu ini dia biasa saja. Dia kirim pesan SMS minta pulsa ke mamahnya. Yang dibalas bapaknya dengan dikirim Rp50 ribu pulsa," ujar Tuti Martoyo,60, kakak Fransisca.

Menurut dia, pihak keluarga baru mendapatkan kabar Andra sakit panas tinggi dari rekan Andra yang juga berangkat untuk magang.

"Hari minggu itu juga ayahnya dapat kabar Andra sakit. Senin lalu ayahnya berangkat ke sana Senin, tapi belum sempat ketemu ayahnya dia sudah meninggal. Ayahnya saat itu baru sampai Tual karena memang susah aksesnya," terang Tuti.

Rencananya, kata Tuti, besok jenazah Andra baru akan sampai di rumah duka dan rencananya akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sebab, jenazah Andra yang pamit namun tak kembali lagi itu akan mendapat penghormatan dari Menteri Kesehatan.

"Kita dari keluarga berencana akan jemput sejak di Bandara. Besok naik Batik Air dia sampai sekitar jam 10-an pagi. Katanya Menteri Kesehatan juga akan membuat upacara penghormatan buat Andra di sana," terang Tuti.

Kepergian Andra telah membuat ibunya teringat karena tak pernah melawan permintaan Fransisca. Bahkan, menurut Tuti, setiap kali dia merawat pasien yang menderita luka seperti koreng, Andra dengan teliti tanpa geli memeriksa dengan detail.

"Anehnya juga dia sebelum berangkat minta peluk sama ibunya," terangnya.

Perasaan itu pun menbuat Fransisca seakan yakin sebagai firasat Andra akan pamit. Namun, pihak keluarga mengaku bangga karena Andra meninggal setelah beberapa kali menbantu masyarakat pedalaman yang terserang penyakit.

Terpantau juga selain pakaian serba hitam para sahabat dan keluarga di rumah duka, alunan suara gitar yang mengiringi kutbah duka untuk Andra ikut mewarnai suasana duka.

"Memang jauh sekali perjalanan ke sana. Dari Tual ke Dobo mencapai 12 jam. Itu memang butuh waktu panjang, dan itu tak ada kapal orang dia naik kapal barang kalau ke sana," jelasnya.

BANDARA
Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat untuk Angkut 109 Ribu Calon Jemaah Haji

Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat untuk Angkut 109 Ribu Calon Jemaah Haji

Rabu, 8 Mei 2024 | 17:28

Sebanyak 14 unit pesawat disiapkan maskapai Garuda Indonesia selama musim haji 2024. Belasan armada tersebut akan mengangkut 109 ribu calon jemaah haji dari 9 embarkasi di Indonesia.

KAB. TANGERANG
Investor Cina Tertarik Tanam Modal Bidang Pembangkit Listrik di Kabupaten Tangerang 

Investor Cina Tertarik Tanam Modal Bidang Pembangkit Listrik di Kabupaten Tangerang 

Rabu, 8 Mei 2024 | 20:34

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Boxing County Provinsi Shandong Republik Rakyat China (RRC) terkait penjajakan kerja sama investasi di Kabupaten Tangerang pada Selasa, 7 Mei 2024.

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

NASIONAL
Pecinta Motor Honda Wajib Tahu, PT WARI Gelar Promo Selama Mei Spesial Hardiknas

Pecinta Motor Honda Wajib Tahu, PT WARI Gelar Promo Selama Mei Spesial Hardiknas

Selasa, 7 Mei 2024 | 14:43

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2024, lalu PT WahanaArtha Ritelindo (WARI) mengumumkan serangkaian program kegiatan sosial dan promo spesial

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill