Connect With Us

Koper Berisi Benih Lobster Senilai Rp26,5 Miliar Gagal Diselundupkan di Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 6 September 2023 | 21:33

Barang bukti koper berisi 174 ribu benih lobster senilai Rp26,5 miliar yang digagalkan diselundupkan ke Singapura lewat Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, 6 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANERANGNEWS.com-Sebanyak empat koper milik penumpang pesawat diamankan oleh petugas Bea dan Cukai Soekarno-Hatta di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). 

Koper berisi sebanyak 174 ribu benih lobster senilai kurang lebih Rp26,5 miliar tersebut, rencananya akan diselundupkan ke Singapura, pada Rabu, 6 September 2023.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo mengungkapkan, penindakan tersebut bermula dari adanya informasi tentang dugaan ekspor ilegal benih bening lobster (BBL), dengan modus dibawa melalui barang bawaan penumpang.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh tim gabungan Bea Cukai bersama BBKIPM Jakarta I.

"Tim gabungan mencurigai penumpang berinisial PA dan ZI asal Jakarta, yang akan melakukan perjalanan ke Singapura, melalui rute penerbangan CGK – SIN dengan maskapai Scoot Tigerair TR 277," ungkap Gatot di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, Kamis 7 September 2023.

Selanjutnya, tim melakukan pengawasan atas bagasi dan pengamatan di area keberangkatan Terminal 2F.

Mengetahui dirinya telah diawasi oleh petugas, PA dan ZI diduga meninggalkan kawasan Terminal 2 dan mengurungkan niatnya terbang ke Singapura.

“Sampai proses boarding selesai pukul 12.20 WIB, penumpang PA dan ZI diketahui tidak melakukan boarding ke pesawat TR 277 dan tidak melakukan pembatalan penerbangan," ujar Gatot.

Lebih lanjut Gatot menjelaskan, bersamaan dengan pengamanan bagasi PA dan ZI, tim menemukan adanya 2 bagasi identik dengan milik kedua pelaku yang diketahui adalah milik YF. 

Selanjutnya, petugas melakukan pengamanan dan pemindaian X-ray atas dua bagasi identik tersebut.

Dari pemeriksaan, didapati empat koper tersebut berisi berisi 109 bungkus dengan total 174.000 ekor benih bening lobster.

"Rinciannya 100 bungkus berisikan 165.000 ekor benih lobster jenis pasir dan 9 bungkus berisikan 9.000 benih lobster jenis mutiara," terang Gatot. 

Ketiga terduga pelaku kini dalam kejaran petugas gabungan. Sementara benih lobster tersebut rencananya dilepasliarkan di Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Serang.

Kepala Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BBKIPM) Jakarta I, Heri Yuwono menambahkan bahwa negara tujuan penyelundupan benih bening lobster tersebut adalah Vietnam.

"Tujuan akhirnya adalah Vietnam. Singapura hanya sebagai tempat transit saja. Hal ini karena penerbangan langsung dari Jakarta ke Vietnam tidak banyak," tutur Heri.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill