Connect With Us

Pengembangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dimulai

| Senin, 18 Maret 2013 | 19:29

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko saat menunjukan design baru Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (tangerangnews / dira)

 


TANGERANG
-Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II  menandatangani perjanjian kerjasama pengembangan Terminal 3 dengan konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO, pada Senin (18/3) di auditorium PT Angkasa Pura II, Tangerang, Banten.
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, dengan ditandatanganinya perjanjian pekerjaan perluasan gedung Terminal 3, maka dimulai lah pengembangan Terminal 3. “Kami meminta konsorsium ini memiliki tujuan yang sama, yakni menjadikan bandara ini sebagai bandara berkelas dunia,” ujar Tri.
 
Dirinya menjelaskan, konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO merupakan gabungan dari beberapa perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan design, antara lain PT Wijaya Karya, PT Waskita Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Jaya Teknik, PT Indulexco, Hyundai,  PT GMDI dan PT Atelier 6 Arsitek.
Pembangunan Terminal 3 itu dirasa penting untuk mengatasi melonjaknya pertumbuhan penumpang yang terus meningkat dari tahun 2012 sebesar 57,7 juta pernumpang per tahun.
Terminal 3 Ultimate merupakan langkah pengembangan dalam rangka melanjutkan program grand design yang telah diresmikan oleh Presiden SBY pada 2 Agustus 2012 lalu.
Kondisi sebelum pengembangan,  luas area terminal 3 34.000 m2  dan hanya dapat menampung daya tampung 4 juta penumpang per tahun. “Jika selesai pengembangan itu akan menjadi 354.000 m2, lahan parkir 88.000 m2 dan VIP 7.000 m2 sehingga mencapai 25 juta penumpang pertahun,” ujarnya.
 
Nilai proyek Terminal 3 ultimate sebesar 4,7 triliun dengan pelaksanaan pekerjaan sekitar 28 bulan berjalan setelah penandatanganan berlangsung.
Diprediksi proyek ini selesai dan dapat dioperasikan pada 2015 mendatang. Pendanaan proyek ini berasal dari internal dan pinjaman perbankan.
 
Bangunan Terminal 3 ultimate meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, interior furniture, mekanikal elektrikal, landscape, elektronika bandara, peralatan khusus. Selain itu juga ada bangunan VVIP meliputi struktur, arsitektur, fasade, interior, MEP, parkiran kendaraan. “Ini adalah tuntutan pengguna jasa di bandara yang kini 10 tersibuk baik orang maupun barang di dunia,” terangnya.
 
 
Terminal 3 Ultimate menawarkan berbagai fasilitas terbaru dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara, antara lain pengguna BHS (baggage handling system ) , 6 elegan Island counter check-in (common use & centralized check-in counter), keseragaman design tenant yang terintegrasi, pembuatan furniture yang berkonsepkan budaya Indonesia,
Koridor bernuansa menikmati suasana nuansa hijau dan wahana pameran ikan (fauna) yang ada di Indonesia, sebagai interprestasi terhadap negara kelautan. (DRA)
 
HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill