Connect With Us

100 Balita dan Ibu Hamil di Lebak Banten Diberi Penyuluhan Stunting

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 9 Desember 2023 | 04:25

Demonstrasi masak dalam kegiatan penyuluhan stunting di Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, mengikuti penyuluhan stunting pada Kamis, 07 Desember 2023. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 80 balita dan 20 ibu hamil di Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, mengikuti penyuluhan stunting pada Kamis, 07 Desember 2023.

Penyuluhan stunting ini diinisiasi oleh Srikandi (karyawati) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID).

Diketahui, balita dan ibu hamil tersebut dibawahi oleh 4 balai penyuluh dan 12 kader yang ikut berperan serta selama 6 bulan ke depan untuk melakukan pendampingan, penyuluhan kebutuhan gizi dan penyerahan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). 

Dalam kegiatan itu, pada peserta diedukasi terkait penerapan perilaku hidup sehat dengan pola gizi seimbang untuk kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan dengan cara mengolah menu berbasis B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman).

Chef-chef berpengalaman dari Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) turut serta memberikan demonstrasi memasak menu tersebut secara live.

Demonstrasi masak tersebut berupa menu yang terbuat dari bahan pangan lokal, seperti singkong dan daun kelor yang dimasak menjadi dimsum daun kelor, puding daun kelor, hingga ramen singkong, sekaligus mengenalkan kompor induksi kepada para peserta.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis mengatakan, penyuluhan ini bertujuan untuk mencegah dampak stunting yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, hal ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s) pada tujuan pembangunan berkelanjutan ke-2, yakni menghilangkan kelaparan dan segala bentuk malnutrisi serta mencapai ketahanan pangan.

"Program pencegahan stunting merupakan wujud komitmen PLN untuk turut serta berkontribusi secara langsung dalam pencegahan stunting," ujar Mukhlis.

Sementara itu, Ketua Srikandi PLN UID Banten Luky Artanti berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat memberi dampak nyata dalam upaya pencegahan stunting, khususnya untuk masyarakat Banten.

Di sisi lain, Camat Cibadak Yusup Atori mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan stunting oleh Srikandi PLN UID Banten di wilayahnya.

"Bantuan ini sangat bermanfaat dan berkelanjutan selama enam bulan kedepan, sehingga harapannya angka stunting di kecamatan Cibadak bisa menurun,” pungkas Yusup.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh ketua Srikandi PLN UID Banten Luky Artanti, Ketua YBM PLN UP3 Banten Selatan Arie Firmansyah, Kabid Dalduk-KB DP3AP2KB Tuti Nurasiah, Camat Kecamatan Cibadak Yusuf Atori, Lurah Desa Tambakbaya, Rizky Permana, dan perwakilan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Ikhwan Sahroji. 

HIBURAN
Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Jumat, 1 Maret 2024 | 10:35

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi sejumlah warga melakukan pengejaran terhadap sesosok kuyang.

NASIONAL
Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Sabtu, 2 Maret 2024 | 09:58

Memasuki awal Maret 2024, tanda-tanda musim hujan belum berakhir di sejumlah wilayah di Indonesia.

TEKNO
Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™ 5 Kali Berturut-turut

Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™ 5 Kali Berturut-turut

Jumat, 1 Maret 2024 | 17:58

Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan tingkat global dengan meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network sekaligus dan gelar Best Mobile Network, selama 5 kali berturut dari Ookla® Speedtest Awards™.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill