Connect With Us

Ternyata Ada 300 Investor Asing Antre Suntik Dana di IKN, Tapi Ditahan

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 6 November 2023 | 22:42

Desain Gedung Ibu Kota Baru. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) ternyata semakin dilirik investor domestik maupun asing. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 300 Letter of Intent (LoI) atau peminat yang mau investasi di IKN.

"Seperti yang menjadi arahan Bapak Presiden, swasta akan mengikuti, kita lihat hasilnya sekarang, swasta sudah mulai masuk," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, seperti dilansir dari Liputan6, Senin 6 November 2023.

Meski demikian, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, arus investasi dari investor asing ditahan lebih dulu, karena ingin mendahulukan pengusaha lokal untuk turut berkontribusi membangun IKN.

Basuki mengamini ada banyak proyek pengusaha lokal yang mulai dibangun. Dia mencatat, hingga Desember 2023 nanti saja akumulasi investasinya mencapai Rp45 triliun.

"Itu semua (investor) dalam negeri. Jadi yang luar negeri beliau minta direm dulu, diutamakan dalam negeri," tegasnya.

Tercatat, pada 1 November 2023 ini, Jokowi melakukan groundbreaking 6 proyek di IKN.

Di antaranya, Bandara IKN, Pakuwon Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Nusantara Intercultural School, Rumah Sakit Hermina Nusantara, dan Revitalisasi SD Negeri 020.

Jokowi merinci, pada September 2023 ada pembangunan dengan nilai Rp23 triliun. Pada November 2023 ini ada pembangunan proyek senilai Rp 12 triliun. Lalu, hingga Desember 2023 nanti totalnya menjadi Rp 45 triliun.

"Saya kira kecepatannya cepat sekali," urai dia.

Dilihat dari kategori investasi yang masuk, Jokowi menilai fasilitas yang dihadirkan pun cukup lengkap. Dia merinci, ada 3 rumah sakit, 4 hotel, dan 2 mal.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill