Connect With Us

Jorok, Penghuni Kos Timbun Tumpukan Sampah hingga Timbulkan Bau Busuk

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 10 November 2023 | 16:04

Potongan video kamar indekos dipenuhi tumpukan sampah (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Beredar video di media sosial yang memperlihatkan sebuah kamar indekos yang dipenuhi dengan tumpukan sampah hingga menimbulkan bau busuk menyengat.

Dalam video unggahan @terang_media, kamar indekos itu dihuni oleh sampah-sampah makanan dan botol-botol air minuman hingga nyaris memenuhi seluruh ruangan.

Berdasarkan pengakuan tetangga, penghuni indekos tersebut tidak pernah keluar selama hampi satu bulan. Dia hanya keluar pada dua pekan lalu untuk membayar kurir paket.

"Ke kamar mandi aja enggak pernah sama sekali, itu botol isinya air kencingnya," ujar tetangga yang juga merekam video dikutip Jumat, 10 November 2023.

Fenomena seperti ini tidak terjadi sekali dua kali. Di Tangerang juga sempat viral penghuni kos maupun kontrakan yang menimbun sampah tanpa pernah dibersihkan.

Salah satunya dialami Yuanita, rumah yang disewakannya di Cluster Udayana, Sukamantri, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, ditinggalkan penyewa dalam keadaan kotor dan dipenuhi sampah.

Terlihat tumpukan sampah berserakan di setiap ruangan. Penghuni juga meninggalkan sejumlah barang-barang pribadinya seperti kasur, baju dan beberapa peralatan dapur.

Serupa, pengalaman buruk itu juga dialami Wita saat rumah kontrakan miliknya yang berada di Perumnas 1 Karawaci, Kota Tangerang, ditinggal kabur oleh penyewa dalam keadaan kotor dan dipenuhi sampah berserakan.

Dari video yang diunggahnya, tampak sampah-sampah memenuhi hampir tiap sudut ruangan kontrakan tersebut. Bahkan, ditemukan bekas pembalut wanita yang dibiarkan begitu saja di ruangan kamar mandi.

Penjelasan

Kebiasaan menumpuk barang-barang tersebut ternyata termasuk dalam gangguan mental, yakni Hoarding Disorder. Hal ini ditandai dengan erilaku menumpuk atau mengumpulkan barang-barang dalam jumlah besar, meskipun barang-barang tersebut mungkin tidak memiliki nilai nyata atau praktis.

Diketahui, orang yang mengalami Hoarding Disorder cenderung sulit untuk membuang barang-barang tersebut, bahkan jika tempat tinggal mereka sudah penuh sesak dan tidak lagi layak huni.

Penyebab 

Terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami kondisi Hoarding Disorder. Berikut diantaranya:

1. Faktor Genetik dan Neurobiologis

Ada bukti bahwa faktor genetik dan neurobiologis dapat berkontribusi pada risiko pengembangan Hoarding Disorder. Beberapa penelitian menunjukkan adanya kecenderungan genetik dalam keluarga individu yang mengalami HD.

2. Trauma atau Kejadian Stres

Pengalaman trauma atau kejadian stres dalam hidup seseorang dapat menjadi pemicu atau kontributor Hoarding Disorder. Beberapa orang mungkin mengembangkan kebiasaan menumpuk sebagai cara mengatasi atau melindungi diri dari pengalaman traumatis.

3. Gangguan Kesehatan Mental Lainnya

Hoarding Disorder sering terkait dengan gangguan kesehatan mental lainnya, seperti gangguan kecemasan, depresi, atau gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Hubungan ini menunjukkan adanya keterkaitan antara HD dan kondisi mental lainnya.

4. Keterbatasan Kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya keterbatasan kognitif atau masalah eksekutif, seperti kesulitan dalam pengambilan keputusan, dapat terlibat dalam perkembangan Hoarding Disorder.

5. Model Pembelajaran

Lingkungan sosial dan pengaruh orang-orang di sekitar juga dapat memainkan peran. Model pembelajaran dari keluarga atau lingkungan di mana menumpuk barang dianggap wajar dapat memengaruhi perkembangan Hoarding Disorder.

Penanganan

Penanganan Hoarding Disorder melibatkan intervensi psikoterapi, terutama Terapi Pengelolaan Hoarding (Cognitive-Behavioral Therapy for Hoarding, CBT-H). Dalam beberapa kasus, obat-obatan tertentu juga dapat digunakan sebagai bagian dari pendekatan pengobatan komprehensif. 

Penting untuk mencari bantuan profesional jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala Hoarding Disorder.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill