Connect With Us

Menyambut HUT Ke 69, Pemkab Tangerang Gelar Sedekah Bumi

| Jumat, 14 Desember 2012 | 13:15

 
 Sumber : Advertorial

TANGERANG-Dalam Menyambut Hari Jadi ke 69 tahun, Pemkab Tangerang  akan mengadakan upacara adat dan Sedekah Bumi. Acara tersebut akan dipusatkan di lapangan upacara Maulana Yuda Negara Tigaraksa yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember  2012 mendatang.
 
“Menyambut hari jadi ke 69, panitia telah mempersiapkan kegiatan pesta rakyat, diantaranya sedekah bumi,” ujar Drs Soma Atmaja saat membuka rapat evaluasi hari jadi Pemerintah Kabupaten Tangerang ke-69 tahun di ruang wareng Setda Tigaraksa, kemarin.
 
Upacara adat dan sedekah bumi merupakan rangkaian acara menyambut hari jadi Kabupaten Tangerang ke 69 yang dibungkus dalam acara Festival Tigaraksa.  Sedekah Bumi merupakan salah satu kearifan lokal yang di miliki masyarakat Tangerang yang harus dihidupkan kembali.
 
“Sedekah Bumi merupakan upacara adat masyarakat Kabupaten Tangerang sebagai simbol rasa syukur kita dalam menyambut hari jadi. Pada acara sedekah bumi tersebut akan menampilkan dandin hari atau tembang raja, ada lenser penari dan hasil panen rakyat khas Tangerang  lalu akan diakhiri dengan doa. Sedekah Bumi ini sudah jarang dilaksanakan oleh masyarakat Tangerang, untuk itu kali ini kami akan menghidupkan kembali tradisi khas Tangerang tersebut,” kata Soma. 
 
 Masih menurut Soma Atmaja yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata ini, Sedekah Bumi ini merupakan salah satu rangkaian acara Festival Tigaraksa, yang akan dilaksanakan di tiga lokasi. Yaitu wilayah utara Tangerang akan dipusatkan di Sepatan tanggal 16 s/d 8 Desember 2012, selanjutnya di Kecamatan Kresek dari tanggal 19 s/d 21 Desember 2012, dan Citra Raya tanggal 15, 22, dan 23 Desember 2012. 
 
Festival Tigaraksa ini, sebagai trobosan Pemkab Tangerang untuk menampilakn sebuah pesta rakyat menggali tradisi, menyamai budaya, menjaga kearifal lokal sehingga kekayaan budaya yang dimiliki Tangerang akan bisa dihidupkan kembali.
 
Seni tardisi pantas disemai kembali, agar tetap hidup dan menjadi bagian jati diri bangsa. Kearifal lokal sebagai nilai leluhur yang harus dihidupkan kembali dan dilestarikan. Festival Tigaraksa yang baru pertama kali digelar ini juga akan menghadirkan kembali ratusan artis, seniman, musisi dan pelaku-pelaku seni taridisi lainnya yang selama ini memperkaya kebudayaan Kabupaten Tangerang.
 
“Kearifal lokal yang masih dimiliki masyarakat Tangerang mulai dari bendrung lesung, pesta panen padi yang berakar dari tradisi sunda, sintren yang berasal dari Jawa Cirebon, Lenong Tunah yang masih eksis sebagai warisan budaya betawi sampai dengan tari cukin yang pernah ngetop dalam pergaulan komunitas cina tempo dulu,” tandasnya.
 
WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Senin, 29 April 2024 | 19:18

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan dan kekuatan imunitas, untuk mencegah tertular flu singapura yang saat ini tengah marak.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill