Connect With Us

1.388 Warga Kota Tangerang Dapat Sertifikat Tanah Gratis

| Kamis, 20 Juni 2013 | 17:44

BPN bagikan Sertifikat tanah kepada warga. (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Badan Pertanahan Nasional  (BPN) Kota Tangerang menyerahkan 1.388 sertifikat tanah  hasil program nasional agraria (Prona) tahap I kepada pemilik tanah dari delapan kelurahan di enam kecamatan di Kota Tangerang, Kamis (20/6). Penyerahan sertifikat gratis tersebut dilakukan di Kantor Kelurahan Kreo Kecamatan Larangan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kantor Pertanahan Wilayah Banten, Tri Sumedyo Slamet mengungkapkan, pada tahun 2013 ini, terdapat 24.500 bidang tanah harus tuntas mendapatkan sertipikasi Prona di seluruh wilayah Banten. Hingga Juni 2013, 60 persen dari target telah tercapai.
 
 Wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang mendapatkan jatah terbanyak dengan masing-masing 7.500 bidang tanah. Sementara Kota Tangerang paling sedikit dengan 2.192 bidang.


“Untuk prona, kendalanya biasa di data yuridis. Terkadang kurang lengkap. Selain itu ada juga masalah kesanggupan membayar pajak serta masalah teknis lain seperti riwayat tanah dan sebagainya,” ujar Tri yang hadir untuk menyerahkan sertifikat Prona Kantor Pertanahan Kota Tangerang.




Ali Pulungan, Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Kantor Pertanahan Kota Tangerang mengungkapkan, secara keseluruhan di tahun 2013 ini, BPN Kota Tangerang akan menyelesaikan 2192 sertifikat tanah hasil Prona. Dengan demikian, masih ada 804 sertifikat tanah Prona yang akan diserahkan pada tahap II, September mendatang.


Di tahap pertama, BPN menuntaskan sertifikat Prona untuk wilayah Kreo Kecamatan Larangan, Petir Kecamatan Cipondoh, Cipadu Kecamatan Larangan, Belendung Kecamatan Benda, Periuk Kecamatan Periuk, Pondok Pucung Kecamatan Karang Tengah, Pedurenan Kecamatan Karang Tengah dan Sudimara Timur Kecamatan Ciledug.


“Kegiatan Prona itu meliputi penyuluhan, pengumpulan data yuridis, pengukuran bidang tanah, pemeriksaan tanah, penerbitan SK Hak dan Penerbitan sertipikat. Seluruh kegiatan tersebut dibiayai negara. Sementara biaya penyiapan berkas seperti materai, patok batas, pajak penghasilan dikenai biaya sesuai ketentuan,” tukas Ali.

Sementara Andi Asrori, warga Kelurahan Belendung Kecamatan Benda penerima sertifikat Prona mengaku, senang tanahnya seluas 110 meter kini telah mendapatkan sertifikat hak milik.
Sebelumnya , dia hanya memiliki akta jual beli dari pembelian tanah pada tahun 2008 lalu. “Rasanya plong sudah punya sertifikat. Apalagi, Prona ini gratis dan prosesnya cepat, hanya sekitar empat bulan,” imbuh Asrori. (RAZ)

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill