Connect With Us

Kasus Pilkada Kota Tangerang Sudah Sampai ke SBY

| Jumat, 26 Juli 2013 | 19:48

Kedua pendukung pasangan calon nyaris bentrok. (TangerangNews / Azie)

TANGERANG-Kasus Pilkada Kota Tangerang diklaim telah sampai ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penyebabnya, karena kadernya gagal maju, ironisnya kegagalan tersebut disebabkan juga karena kader lainnya.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Herry Rumawatine yang sengaja datang ke KPU Kota Tangerang pasca bentrokan yang terjadi antara ribuan pendukung Arief R Wismansyah –Sachrudin dengan petugas polisi.

 Ya, incumbent yang diusung Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PKB itu tersungkur hanya karena izin Sachrudin sebagai camat Pinang untuk mundur, tak diberikan oleh Wahidin Halim sebagai atasan Sachrudin.  
 
Herry Rumawatine mengatakan, kasus tak lolosnya kader Partai Demokrat itu telah diketahui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Demokrat akan melakukan tindakan tegas kepada Wahidin (Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten yang juga Wali Kota Tangerang Wahidin Halim). Ini sudah sampai ke SBY dan pertama di Indonesia peristiwa ini. Ini ada yang salah dalam pengelolaan partai, “ ujar Herry yang juga Ketua DPRD Kota Tangerang itu.
 
Seperti diketahui, rapat pleno KPU Kota Tangerang dengan agenda pengambilan nomor urut para calon yang lolos verfikasi berlangsung ricuh.

Kericuhan terjadi, lantaran ribuan pendukung pasangan yang tak lolos,  menyerang kantor KPU Kota Tangerang, yang berlokasi di Jalan Nyimas Melati,  Jumat (26/07) sore.

Tampak di lokasi, ketika rapat yang dipimpim Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain berjalan. Lemparan batu bertubi-tubi ke arah ruang rapat yang berada di lantai tiga tersebut sempat membuat rapat pleno tersendat. 

Syafril kemudian tetap melanjutkan prosesi tersebut,  meskipun kaca jendela di ruang tersebut pecah. Syafril tak bisa berbuat apa-apalagi setelah massa terus melempari gedung KPU dengan batu.  

Hingga pada acara pembacaan doa, KPU pun tak dapat menyelesaikannya hingga akhir.
Adapun massa yang mengamuk saat itu adalah massa pendukung pasangan Arief R Wismansyah , incumbent atau  wakil wali kota Tangerang  yang berpasangan dengan Sachrudin, camat Pinang.

Para pendukung pasangan ini memang sempat dicegah masuk ke depan gedung KPU oleh petugas polisi  guna mencegah bentroknya dua kubu pasangan yang berbeda.

Yakni dengan pendukung pasangan Abdul Syukur, adik wali kota Tangerang yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kota Tangerang yang berpasangan dengan Hilmi Fuad, Ketua DPD PKS Kota Tangerang.  

Tetapi massa Arief-Sachrudin justru memutar dan menyerang gedung KPU melalui pintu belakang.

Pendukung pasangan itu memang terkejut dengan dinyatakan tidak lolos persyaratan oleh KPU Kota Tangerang, meskipun pasangan itu telah ikut menjalani tes kesehatan.

Namun, faktanya KPU Kota Tangerang justru menyatakan,  tak lolosnya pasangan itu lantaran,
Sachrudin tak mendapat izin mundur dari jabatan sebagai camat oleh  atasannya, dalam hal ini Wali Kota Tangerang Wahidin Halim.  

Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain usai menyatakan, Arief-Sachrudin tak lolos langsung  didemo pada Kamis (25/07) hingga larut malam .

Para pendukung pasangan Arief-Sachrudin baru pulang, setelah Syafril menjamin dengan mengeluarkan surat yang ditandatangani serta bermaterai bahwa dirinya akan meninjau ulang rapat pleno. Namun, rupanya hal tersebut menurut Syafril diambil, karena dirinya dalam keadaan tertekan.

“Saya akan cabut surat itu, sekarang  lisan dulu. Nanti baru tulisan. Itu terjadi  karena saya dalam  tekanan," ujar Syafril.

 Sementara  tiga para calon yang telah mengambil nomor urut tersebut dievakuasi keluar gedung
dengan pengawalan ketat petugas kepolisian.(DRA)
   
 
 
AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

SPORT
Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Senin, 29 April 2024 | 19:50

Pemerintah Provinsi Banten turut menggelar nonton bersama (nobar) laga semi final Piala Asia U-23, antara Timnas Indonesia kontra Uzbekistan, Senin 29 April 2024, malam.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill