Connect With Us

Ganti Rugi Lahan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Cair

Denny Bagus Irawan | Jumat, 4 September 2015 | 14:52

Yuyun Maryunah warga yang hari itu juga langsung mendapat mendapat transfer dari PT KAI sebanyak Rp2,4 miliar dari luas tanah 297 meter. Nilai sebesar itu tak hanya diberikan atas hak tanahnya, tetapi bangunan diatas lahan milik Yuyun juga dihitung tim a (Dira Derby / Tangerangnews)

 

TANGERANG-Pembayaran ganti rugi pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai jalur rel Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk wilayah di Kota Tangerang pada tahap pertama sebesar Rp14, 7 miliar dari total Rp1,3 triliun telah cair. Warga mendapat setiap per meternya rata-rata diatas harga NJOP.

Dana pencairan tersebut digulirkan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang pada Jumat (4/9) dengan cara ditransfer ke rekening bank.  Proyek Kereta Bandara direncanakan sejak 2009 dengan keseluruhan panjang 32 kilometer. Beberapa rel menggunakan trek lama dari Manggarai  hingga Bandara Soekarno-Hatta dengan tambahan trek baru 12 kilometer.  

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Himsar menyatakan,  sampai dengan saat ini telah masuk pada tahap pelaksanaan pengumpulan data yuridis yang akan diserahkan kepada tim appraisal indepen.

 Adapun tahapannya, mengikuti  Undang-undang No.2  tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum  sesuai tahap pertama  adalah domain PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan melakukan perencanaan.#Bandara Soekarno-Hatta

Kemudian, domain selanjutnya yakni persiapan telah dilakukan pihak Provinsi Banten. Selanjutnya adalah domain BPN sebagai penyedia tanah.

 “Saya sebagai ketua pelaksananya. Kita serahkan Rp14,7 miliar dari total keseluruhan Rp1,3 triliun,”terang Himsar.

Dia menjelaskan, luas tanah secara keseluruhan yang akan dibebaskan untuk proyek itu seluas  36 hektare yang mencakup lima kecamatan dan delapan kelurahan di Kota Tangerang. 

Dari 36 hektare itu terdapat 815 bidang. Sedangkan tahap pertama yang telah cair sebanyak 18 bidang yang terdapat di delapan di kelurahan Tanah Tinggi dan 10 di kelurahan Poris Plawad dari 18 warga.

”Dari jumlah bidang sebanyak 815, 322 bidang sudah masuk, sehingga sudah bisa dikatakan  progresnya telah 40%,” terangnya.

Saat ditanya nilai nominal per meter untuk ganti rugi tanah warga tersebut, Himsar mengatakan, penilain tim  appraisal  terbagi menjadi dua komponen. Adapun yang pertama adalah fisik, kemudian non fisik. “Untuk non fisik tidak bisa dibagi rata-ratanya tergantung penggunaan lahan, walau berdekatan berbeda nilai. Tetapi semua diatas rata-rata NJOP,” terangnya.

Soal warga yang masih belum setuju dengan nominal yang ditawarkan, dia mengaku sampai dengan saat ini beberapa diantaranya telah mencabut gugatan.

Dia menyatakan, tidak ada kendala lagi, karena tokoh masyarakat telah ditemui dan sudah tak ada tawar menawar lagi.

“Ini diharapkan dapat menjadi trigger ,” katanya. #Kereta Bandara Tangerang

BANTEN
PLN Klaim Masak Daging Kurban Lebih Mudah dan Efisien Pakai Kompor Induksi 

PLN Klaim Masak Daging Kurban Lebih Mudah dan Efisien Pakai Kompor Induksi 

Kamis, 13 Juni 2024 | 19:38

Dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Utara,

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

BANDARA
Layanan Transportasi Darat di Terminal 1 Bandara Soetta Dipindah, Begini Skemanya

Layanan Transportasi Darat di Terminal 1 Bandara Soetta Dipindah, Begini Skemanya

Senin, 10 Juni 2024 | 16:50

Mulai Selasa 11 Juni 2024, lokasi sejumlah layanan moda transportasi darat di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, dipindahkan untuk lebih memudahkan penumpang.

TEKNO
Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Selasa, 11 Juni 2024 | 10:27

Infinix Note 40 menjadi merupakan salah satu seri ponsel terbaru dari Infinix, Note 40 menawarkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill