Connect With Us

70 Persen Napi di Lapas Pemuda Kasus Narkoba, Pengamanan Harus Diperketat

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 3 September 2018 | 18:33

Halaman Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang, Jalan LP Pemuda, Buaran Indah, Kota Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Jabatan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Pemuda Kelas IIA Tangerang dirotasi. Marlik Subiyanto menyerahkan jabatan ini kepada Jumadi.

Keduanya telah menjalani proses pisah sambut yang berlangsung di aula LP Pemuda Kelas IIA Tangerang, Senin (3/9/2018).

Dalam kesempatan itu, Marlik meminta kepada Jumadi, agar memperketat pengamanan dan pengawasan di LP Pemuda Kelas IIA Tangerang tersebut.

Sebab, kata dia, 70 persen narapidana yang menghuni di LP Pemuda Kelas IIA Tangerang menjalani hukuman karena terjerat kasus narkoba.

"Napi disini sekitar 70 persen dari kasus narkoba. Nah ini perlu diantisipasi, diwaspadai supaya penjagaan lebih diperketat," katanya.

Pengetatan pengawasan itu, lanjut Marlik, harus dilakukan terhadap pembesuk maupun petugas dan napi itu sendiri.

"Harus diperketat, petugas juga barangkali ada oknumnya tapi Insyaallah selama saya menjabat petugas bisa menjaga dan kooperatif," tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, kata dia, harus ada sinergi antara LP Pemuda Klas IIA Tangerang dengan instansi terkait. menurutnya, selama ia menjabat, hal ini telah diimplementasikan.

"Karena mereka ada pengedar, ada pemakai, ada bandar. Kalau orang pemakai biasanya ketagihan. Kalau enggak ada barang kan sakau. Makanya ada rehab dengan GP Ansor supaya jiwa rohaninya terisi," bebernya.

Jumadi pun menanggapi catatan penting tersebut. Menurutnya, ia akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan di LP Pemuda Kelas IIA Tangerang ini.

"Tentunya hal yang telah dilakukan sudah bagus. Kerjasama mengenai rehab kita akan lanjutkan. Semuanya kita lanjutkan dan mungkin kita tambah programnya untuk pembinaan itu," katanya.

Jumadi juga mengatakan tidak butuh waktu lama untuk dirinya beradaptasi dalam memimpin Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.

Ia juga berkomitmen untuk memberantas peredaran narkoba di lingkungan lapas. Bahkan ia akan menindak tegas jika ada petugas maupun narapidana dan pembesuk kedapatan membawa narkoba.

"Kita orang baru pasti akan melihat, memetakan dahulu. Kira-kira dimana sih kamar yang rawan. Memang komitmen kita bagaimana peredaran dan penggunaan itu tidak ada di lapas. Tapi itu perlu waktu dan bekerja keras," tukasnya.(RMI/HRU)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill