Connect With Us

Bertahan Saat COVID-19, Mahasiswa Ajarkan Warga Bikin Hidroponik di Cipondoh

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 21 Juli 2020 | 13:10

Mahasiswa dan warga sedang berswa foto di lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum, Kota Tangerang, Selasa (21/7/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Sejumlah mahasiswa pertanian membuat hidroponik di Kampung Saungkuriang, RW 1, Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Hal ini dilakukan mahasiswa untuk membantu warga menjaga lingkungan bersih dan mendongkrak perekonomian warga di tengah pandemi COVID-19. 

Hendra, Sekretaris Lurah Cipondoh Indah mengatakan, para mahasiswa tersebut memanfaatkan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum seluas 5.000 meter untuk membuat hidroponik di Kampung Saungkuriang. 

"Jadi, memang ada sekelompok mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir, dengan membantu warga kami melalui pembuatan hidroponik," ujarnya kepada TangerangNews, Selasa (21/7/2020).

Para mahasiswa pun telah melakukan proses budidaya menanam tanaman dengan metode hidroponik. Proses budidaya tanamam ini lalu diajarkan kepada warga agar dapat melanjutkan penanamannya.

"Mereka melakukan pendampingan mulai dari pembibitan tanaman hingga penjualan. Nah, prospeknya sangat bagus. Kerjanya bagus. Karyanya nyata," katanya.

Menurut Hendra, keberadaan mahasiswa pertanian di lingkungannya tersebut sangat membantu masyarakat, terutama untuk menambah pengetahuan warga perihal membuat hidroponik. Dia pun mengapresiasi para mahasiswa ini.

"Jelas sangat membantu. Warga semakin bisa mengelola tanaman. Sehingga bantuan ini juga bisa menghasilkan ekonomi bagi warga di tengah pandemi," pungkasnya.

Hendra menambahkan Kampung Saungkuriang merupakan kampung tematik yang telah dilauching pada Februari 2020 oleh Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin.

Dalam kampung ini, warga secara swadaya saling bahu-membahu membentuk saung, empang, dan penghijauan lingkungan. (RAZ/RAC)

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill