Connect With Us

Festival Peh Cun 2023, Ratusan Lentera Replika Perahu Naga Berjejer Percantik Sungai Cisadane 

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 25 Juni 2023 | 13:18

Ratusan lentera replika perahu naga mempercantik Sungai Cisadane, Kota Tangerang, dalam rangkaian acara Festival Peh Cun, Sabtu, 24 Juni 2023, malam (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 100 lentera replika perahu naga berjejer menghias Sungai Cisadane, Sabtu, 24 Juni 2023, malam.

Lentera replika perahu naga yang mengarungi sungai Cisadane tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Festival Peh Cun 2023.

Ketua Panita Festival Peh Cun 2023 Mulio Kantjana mengatakan, ratusan lentera replika perahu naga itu sebagai simbolis penghantar doa bagi orang-orang yang tengah mengalami kesulitan hidup.

"Sebelum perahu berangkat, ada sedikit renungan dan doa untuk orang-orang yang saat ini sedang dalam kesusahan," ujar Mulio.

Kendati demikian, replika perahu-perahu tersebut nantinya akan dibersihkan guna menjaga kebersihan Sungai Cisadane.

"Jadi, festival ini bukan hanya untuk melestarikan budaya saja. Tapi, bagaimana kita juga harus peduli dengan lingkungan dan juga sesama manusia," kata Mulio.

Menurut Mulio, jelang hari terakhir Festival Peh Cun 2023 tak menyurutkan antusiasme masyarakat, khususnya warga Kota Tangerang terhadap acara budaya tahunan itu.

Agar ada regenerasi, kata Mulio, pihak panitia Festival Peh Cun 20203 melibatkan berbagai komunitas khususnya anak muda di Kota Tangerang.

"Tentu regenerasi harus ada, maka dari itu kami berkolaborasi dengan berbagai komunitas khususnya anak muda. Dengan kolaborasi ini agar mereka lebih mengenal dan mencintai budaya warisan leluhur kita. Sehingga, Festival Peh Cun ini dapat terus hadir di Kota Tangerang," jelasnya.

Mulio berharap, Festival Peh Cun dapat terus digelar secara rutin setiap tahunnya dengan rangkaian kegiatan yang lebih meriah lagi.

"Kami berharap, tahun depan Festival Peh Cun ini dapat lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, lebih baik lagi dan cakupannya lebih luas lagi," pungkasnya.

NASIONAL
Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Sabtu, 2 Maret 2024 | 09:58

Memasuki awal Maret 2024, tanda-tanda musim hujan belum berakhir di sejumlah wilayah di Indonesia.

BANTEN
PLN Banten Pasang Listrik 58 Juta VA untuk Pelanggan Tegangan Menengah

PLN Banten Pasang Listrik 58 Juta VA untuk Pelanggan Tegangan Menengah

Sabtu, 2 Maret 2024 | 10:43

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten menyambungkan listrik untuk 20 pelanggan Tegangan Menengah (TM) selama Februari 2024, dengan total daya mencapai 58.120.000 VA (Volt Ampere).

BISNIS
Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Jumat, 1 Maret 2024 | 20:06

PT Bank Central Asia (BCA) menargetkan dapat memberikan 2.000 sertifikasi halal secara gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2024. Hal ini untuk mendukung produk UMKM bisa diekspor ke berbagai negara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill