Connect With Us

Dimulai Hari Ini, Simak Rute dan Lokasi Parkir Festival Al-Azhom

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 18 Juli 2023 | 10:26

Suasana kemeriahan acara Festival Al-Azhom ke-7 saat Kehadiran Sabyan Gambus, Kamis (20/9/2018 malam. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com- Kota Tangerang sedang bersiap-siap untuk merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah sekaligus momen satu dekade Festival Al-Azhom yang digelar di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang. 

Festival kali ini akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 30 Juli 2023 dan akan menampilkan rangkaian acara yang menarik, termasuk jalan sarungan, pengajian akbar, lomba, bazar UMKM, dan pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Festival Al-Azhom berlokasi di pusat Kota Tangerang, sehingga diprediksi akan menarik banyak pengunjung dari dalam dan luar kota. Akses ke lokasi festival sangat mudah melalui transportasi umum, seperti angkutan kota (angkot) dan Kereta Rel Listrik/Commuter Line (KRL).

Berikut adalah beberapa rute transportasi umum yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mencapai Festival Al-Azhom di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang:

1. KRL dari Jakarta menuju Stasiun Tangerang:

- Pengunjung dari Jakarta dapat naik KRL menuju Stasiun Tangerang.

- Turun di Stasiun Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

- Dari sana, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 50 meter menuju persimpangan Jalan Benteng Betawi.

- Setelah itu, pengunjung dapat naik angkot B01 (Cikokol-Cengkareng) atau B07 (Serpong-Kalideres) menuju gerbang Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman depan Komplek Kehakiman. Perjalanan dari sana hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.

- Selanjutnya, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi acara. Alternatifnya, pengunjung dapat menggunakan layanan ojek daring dari Stasiun Tanah Tinggi dengan jarak tempuh kurang dari 3 kilometer.

Baca Juga: Digelar 2 Pekan, Ini Jadwal dan Rangkaian Acara Festival Al-Azhom 2023 

2. Angkot B07 (Serpong-Kalideres):

- Pengunjung dari Kalideres, Jakarta Barat, dan Serpong, Kota Tangerang Selatan dapat naik angkot B07 (Serpong-Kalideres) yang berwarna hijau dengan strip putih.

- Turun di gerbang Puspem Kota Tangerang, Jalan Jenderal Sudirman depan Komplek Kehakiman.

- Setelah itu, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi acara.

3. Angkot B01 (Cikokol-Cengkareng):

- Pengunjung dari Ciledug dan Cikokol dapat naik angkot B01 (Cikokol-Cengkareng) yang berwarna hijau dengan strip kuning.

- Turun di gerbang Puspem Kota Tangerang, Jalan Jenderal Sudirman depan Komplek Kehakiman.

- Selanjutnya, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi acara.

4. Angkot R01 (Bitung-Jatake-Terminal Poris Plawad):

- Pengunjung dari Bitung, Kabupaten Tangerang, Terminal Cimone, dan Karawaci dapat naik angkot R01 (Bitung-Jatake-Terminal Poris Plawad) yang berwarna biru dan merah.

- Turun di dalam kompleks Puspem Kota Tangerang.

- Setelah itu, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 50 meter menuju lokasi acara.

5. Angkot R02 (Perumnas 1-Terminal Poris Plawad):

- Pengunjung dari Perumnas, Terminal Cimone, dan Karawaci dapat naik angkot R02 (Perumnas 1-Terminal Poris Plawad) yang berwarna biru muda.

- Turun di gerbang kompleks Puspem Kota Tangerang, Jalan TMP Taruna.

- Selanjutnya, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi acara.

Baca Juga: Cuma Ada di Tangerang, Ini 4 Hal Unik dari Festival Al Azhom 

6. Angkot R03 (Kotabumi-Pasar Anyar):

- Pengunjung dari Kotabumi, Kabupaten Tangerang, Periuk, dan Sangiang dapat naik angkot R03 (Kotabumi-Pasar Anyar) yang berwarna biru muda dan kuning.

- Turun di gerbang kompleks Puspem Kota Tangerang, Jalan TMP Taruna.

- Lalu, berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi acara.

7. Transjakarta T11 (Slipi Petamburan-Terminal Poris Plawad):

- Pengunjung dari Jakarta dapat naik Transjakarta T11 (Slipi Petamburan-Terminal Poris Plawad).

- Berhenti di Terminal Poris Plawad.

- Setelah itu, pengunjung dapat naik angkot R01 yang berwarna biru muda dan merah, dan berhenti di persimpangan Jalan Benteng Betawi dan Jalan Jenderal Sudirman.

- Selanjutnya, pengunjung dapat naik angkot B01 atau B07 dan berhenti di gerbang kompleks Puspem Kota Tangerang, Jalan Jenderal Sudirman depan Komplek Kehakiman.

- Terakhir, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi acara. Jika lebih nyaman, tersedia juga layanan ojek daring sejak persimpangan Jalan Benteng Betawi dan Jalan Jenderal Sudirman, dengan jarak tempuh kurang dari 2 kilometer.

Lokasi Festival Al-Azhom berada di halaman Masjid Raya Al-Azhom, Jalan Satria Sudirman, RT.001/RW.001, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Lomba akan diadakan di gedung Masjid Raya Al-Azhom

Sedangkan, booth UMKM akan tersedia sebanyak 90 booth di halaman dalam masjid dan 120 booth di sekitar masjid dan Taman Elektrik. Pameran artefak Nabi Muhammad SAW akan dilaksanakan di Gedung MUI Kota Tangerang.

Bagi yang ingin mengunjungi Festival Al-Azhom menggunakan Kendaraan pribadi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang telah menyediakan empat area parkir selama acara berlangsung. 

Area parkir tersebut terletak di Puspem Kota Tangerang, Masjid Raya Al-Azhom, Lapangan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Tangerang di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna No. 29C, RT.001/RW.001, dan Stadion Benteng Reborn di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna No. 72, RT.001/RW.001, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang.

Menurut Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely, Stadion Benteng Reborn memiliki kapasitas parkir untuk 659 kendaraan, sedangkan LPKA memiliki kapasitas parkir untuk 640 kendaraan. 

Kedua area ini menjadi alternatif parkir jika terjadi lonjakan pengunjung atau kendaraan. Parkiran utama terletak di Masjid Raya Al-Azhom dan Puspem Kota Tangerang dengan kapasitas parkir sebanyak 750 kendaraan.

KAB. TANGERANG
Bikin Resah, 16 PMKS di Kabupaten Tangerang Dirazia Satpol PP

Bikin Resah, 16 PMKS di Kabupaten Tangerang Dirazia Satpol PP

Selasa, 30 April 2024 | 18:28

Sebanyak 16 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang kerap berkeliaran di wilayah Kabupaten Tangerang dirazia aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill