Connect With Us

Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Tangerang Kebut Pembangunan Sistem Pengendalian Banjir

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 26 Oktober 2023 | 22:44

Pembangunan turap anak kali sebagai sistem pengendalian banjir di Kota Tangerang, Jumat 27 Oktober 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah infrastruktur fisik untuk mengantisipasi musim penghujan di Kota Tangerang tengah dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) setempat.

Sampai saat ini pembangunan Sistem Pengendalian Banjir tersebut terus dikebut berbagai titik lokasi.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, pembangunan Sitem Pengendalian Banjir tersebut dilakukan di belasan lokasi di seluruh penjuru Kota Tangerang.

Mulai dari Garden City Periuk, Kali Cantiga, Kali Citegal Alur, Kecamatan Tangerang, Kelurahan Gebang Raya, Kelurahan Panunggangan Barat, Kelurahan Periuk, Kelurahan Tajur, Kelurahan Uwung Jaya, Pasar Anyar, Perumahan Pinang Griya Permai, sampai Perumahan Puri Kartika.

“Hampir semuanya telah berjalan pembangunannya sejak bulan kemarin, dengan persentase ketuntasan yang variatif, mulai dari 30 persen, 60 persen, bahkan sudah ada yang 90 persen,” ujar Ruta, Jumat 27 Oktober 2023.

Pembangunan Sistem Pengendalian Banjir ini sebagai bagian dari upaya responsif mengantisipasi musim penghujan yang sebentar lagi dirasakan di Kota Tangerang.

Terlebih, berdasarkan prediksi yang diberikan Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa musim penghujan akan mulai tiba pada bulan November mendatang.

“Kami juga telah menyiapkan cara-cara lain untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan, seperti pemeliharaan saluran air, drainase, turap, pintu air, pompa air, bahkan tim lapangan yang dioperasikan di seluruh kecamatan seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” tambah Ruta.

Selain itu, Dinas PUPR Kota Tangerang juga berharap adanya peningkatan partisipasi aktif masyarakat untuk turut memberikan kontribusi kolektif, dalam rangka mengantisipasi musim penghujan dan potensi banjir di Kota Tangerang.

"Dengan tidak membuang sampah ke selokan atau kali, membersihkan saluran di lingkungan masing-masing, kerja bakti di lingkungan, dan sebagainya," kata Ruta.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

NASIONAL
Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Rabu, 1 Mei 2024 | 08:04

Sebanyak 3.454 personel personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah massa dari kalangan buruh dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill