Connect With Us

Bayar Retribusi Sampah Secara Online, DLH Kota Tangerang Kenalkan Aplikasi SIRITASE

Advertorial | Selasa, 12 Desember 2023 | 15:44

Ilustrasi pelayanan retribusi sampah (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Dalam upaya meningkatkan potensi pendapatan daerah sekaligus mempermudah masyarakat dalam hal retribusi pelayanan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang memperkenalkan Aplikasi SIRITASE.

SIRITASE merupakan sistem informasi retribusi sampah secara elektronik. Aplikasi ini akan diterapkan pada Januari 2024. Implementasi SIRITASE akan memberikan banyak manfaat terhadap pengelolaan retribusi sampah di Kota Tangerang. Diantaranya; operasional akan jauh lebih efisien sehingga dapat mempercepat pengolahan data, dan mengurangi risiko kesalahan. 

Selain itu, SIRITASE memberikan transparansi yang lebih besar kepada warga dan pihak terkait dalam pemungutan retribusi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat tetapi juga memberikan visibilitas dalam penggunaan dana yang diterima.

Penerapan SIRITASE juga berdampak positif pada peningkatan pendapatan daerah. Dengan mengoptimalkan proses pemungutan, sistem elektronik membantu meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pengelolaan sampah. 

Melalui elektronifikasi transaksi, pembayaran retribusi sampah menjadi lebih mudah dengan berbagai opsi pembayaran elektronik.

Pembayaran retribusi sampah tersebut dapat melalui transfer bank, QRIS, dan Virtual Account yang terintegrasi dengan sistem BJB, sehingga SIRITASE bakal membawa transformasi positif dalam manajemen pengelolaan sampah daerah.

Tak hanya itu, pengelolaan data yang efisien memudahkan analisis data untuk perencanaan dan evaluasi. Sistem ini mencatat pendapatan retribusi sampah perbulan dan pertahun, memberikan landasan data yang kuat untuk pengambilan keputusan.

Adapun penandatangan SKRD secara digital dan keamanan yang kuat dalam sistem elektronik dapat melindungi data dari potensi kebocoran atau manipulasi. 

Secara keseluruhan, penggunaan sistem informasi pemungutan retribusi sampah secara elektronik diharapkan bukan hanya meningkatkan efisiensi saja. Tetapi juga menciptakan landasan yang kokoh untuk transparansi dan akurasi dalam manajemen pengelolaan sampah daerah.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill